HI UMY Selenggarakan Musyawarah Nasional dan Temu Alumni

“Lulusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) adalah lulusan yang dipersiapkan untuk menjadi pribadi yang terlatih sehingga mampu menjadi apa saja sesuai dengan kondisi dunia yang semakin berkembang. Untuk itu, melalui forum silahturahmi ini, mahasiswa HI diharapkan dapat menimba ilmu dan pengalaman dari para alumni yang terlebih dahulu telah memasuki dan memahami situasi di luar kampus saat ini”

Hal tersebut diungkapkan Tulus Warsito, Dekan FISIPOL UMY, dalam Pembukaan Musyawarah Nasional dan Temu Alumni Hubungan International (HI) UMY 2008 pada Jumat (11/7) di University Residence (UNIRES).

Lebih lanjut, Tulus menegaskan selama ini masih muncul paradigma bahwa lulusan HI selalu berkaitan dengan sektor politik saja. Padahal, lebih dari itu, ruang lingkup HI memiliki jangkauan sangat luas dalam berbagai sektor di dalam kehidupan. Oleh karenanya, mahasiswa HI perlu dididik menjadi pribadi yang terlatih dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan dunia secara umum yang nantinya akan bermanfaat bagi bekal kelanjutan ketrampilan para alumni dalam mempersiapkan masa depan serta menghadapi dunia global saat ini.

Tulus juga berharap bahwa momentum ini akan mendorong dan memberikan sesuatu yang lebih baik lagi bagi generasi HI mendatang yang saat ini masih mengenyam pendidikan di UMY.

Hal senada juga disampaikan oleh Achmad Ma’ruf sebagai perwakilan dari pihak Rektorat. Dalam sambutannya, Ma’ruf menyatakan bahwa forum ini dapat dijadikan ajang dalam membangun komitmen akademik UMY sebagai sebuah universitas, yang mana para alumninya dapat memberikan kontribusi dan masukan dalam setiap kegiatan UMY sehingga pencitraan UMY oleh masyarakat akan semakin baik pula. Selain itu, Ma’ruf juga menyampaikan bahwa universitas menjadi titik temu antara mahasiswa, alumni, dan komunitas yang menciptakan jaringan serta memberikan makna silahturahmi sebagai sebuah keluarga besar HI UMY.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Pengurus Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) UMY dalam rangka memperingati 27 tahun usia jurusan HI UMY, yang seiring dalam perjalanannya UMY telah banyak menghasilkan para alumni HI yang mengabdi dan berkarya baik di Indonesia maupun mancanegara.

Sesuai dengan tema acara yaitu Return to Jogja, Reborn, and Strengthen Commitment, dalam acara ini para alumni diharapkan dapat kembali bernostalgia dengan kota Yogyakarta (Return to Jogja) dan dapat menghidupkan serta merasakan suasana ke-HI-an yang sebelumnya menjadi identitas mereka saat menjadi mahasiswa HI UMY (Reborn). Lebih dari itu, jalinan persaudaraan yang terbentuk melalui pertemuan ini pada akhirnya akan semakin menguatkan komitmen bersama sebagai sebuah komunitas professional dan kekeluargaan antar alumni HI UMY (Strengthen Commitment).

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (13/7) ini dijadwalkan diisi oleh berbagai sarasehan, baik antar alumni maupun dengan pihak universitas. Dari sarasehan itulah, para alumni diharapkan dapat menghasilkan beberapa keputusan atau ide (action plans) yang nantinya bermanfaat bagi perkembangan dan perbaikan HI UMY di masa mendatang. Pada hari kedua, alumni akan mengikuti Campus Tour, Gathering, menikmati hiburan akustik, dan Farewell Party. Selanjutnya, kegiatan akan ditutup dengan mengajak para alumni ke beragam situs wisata Yogyakarta.

sumber : http://www2.umy.ac.id/2008/07/hi-umy-selenggarakan-musyawarah-nasional-dan-temu-alumni.umy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s