Malam Pentas Indonesian Channel 2008

“Jangan sampai kita belajar Tari Bambangan Cakil dari pemuda Thailand atau Afrika Selatan” tutur Dr. Hassan Wirajuda (Menteri Luar Negeri RI).

Fenomena ironis terjadi di Taman Budaya Yogyakarta pada 31 Oktober 2008 lalu, malam itu di depan mata kepala kita, 50 peserta dari 29 negara menampilkan Rampak Kendang, Tari Ambabar Batik dan Bambangan Cakil dengan begitu luwesnya.

Seolah kesenian itu memang milik mereka. Lantas siapakah yang duduk manis di kursi penikmat dan memberi applause kala melihat atraksi-atraksi yang ditampilkan? Kita! Manusia-manusia Indonesia yang menjadi penonton di rumahnya sendiri. Memalukan!

Jangan jengah lantas menuding mereka berniat mencuri kebudayaan tradisional kita. Mereka tak lain adalah peserta Program Beasiswa Seni dan Budaya (BSBI) yang diselenggarakan Departemen Luar Negeri RI untuk yang ketiga kalinya di Indonesia.

Malam itu merupakan malam puncak yang diberi nama Indonesia Channel 2008, dimana berbagai kesenian negeri kita ditampilkan. Seperti permainan Angklung dan Arumba, karawitan khas Bali seperti Tabuh Bila, Tari Pendet Puspa Werti, Tari Adimergangga, dan masih banyak lagi.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, Bapak Hasan Wirajuda, para duta besar dari negara peserta, serta mahasiswa dari berbagai universitas seperti UMY, UPN, UGM, dan UWH yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Wilayah IV ini berlangsung hangat mulai pukul 6 hingga pukul 10 malam.

“Program ini merupakan bagian diplomasi publik yang diharapkan menjadi investasi kita di masing-masing negara peserta agar dapat membuahkan kerjasama serta pemahaman yang lebih baik tentang Indonesia. Semoga menjadi Soft Diplomacy yang efektif untuk meraih dukungan dunia luar.” Tutur perwakilan Deplu, dari Direktorat Kerjasama Teknik, Bapak Ahmad Ma’rufi ketika menemani peserta BSBI berkunjung ke UMY sehari sebelum pementasan .

Tulisan ini telah dimuat pada IRN Buletin KOMAHI UMY Edisi 21 , Desember 2008 . Hal. 1 dan Hal. 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s