IRED 2009 : Wujud Pengembangan Kualitas dan Peningkatan Daya Saing Mahasiswa HI UMY

Salah satu pembahasan hangat di dunia pendidikan tinggi adalah masalah keterampilan atau soft skills yang harus dimiliki para mahasiswa. Keterampilan yang dimiliki akan berpengaruh pada peningkatan daya saing lulusannya. Terbukti, masih banyak para lulusan perguruan tinggi yang setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan.

Untuk meningkatkan daya saing tersebut, diperlukan pengembangan soft skills bagi mahasiswa. Hal ini mengharuskan perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk belajar dan berkembang secara optimal, serta memberikan ruang yang cukup bagi pengembangan kepribadian, bakat, minat, dan pembinaan diri. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengadakan kegiatan yang menunjang pengembangan kepribadian dan keterampilan para mahasiswa.

Menjawab kebutuhan tersebut, Korps Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) menyelenggarakan International Relations English Debate (IRED) di Kampus Terpadu UMY selama dua hari, Rabu-Kamis (30-31/12/2009).

Dalam agenda yang diperuntukkan bagi para mahasiswa di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UMY ini, KOMAHI UMY sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan berupaya memfasilitasi pengembangan keterampilan para mahasiswa HI UMY.

Para juri dalam lomba debat ini adalah para mahasiswa yang berasal dari UMY Debate Community yang juga bagian dari Jogja Debate Forum (JDF) yang telah berprestasi dalam bidang debat bahasa Inggris, baik di tingkat regional maupun nasional.

“IRED merupakan agenda Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY yang ditujukan untuk mengasah intelektual para mahasiswa, karena peserta dituntut untuk berpikir cepat, tepat, dan kreatif dalam lomba debat,” ujar Miftah Huda, ketua panitia penyelenggara. “Dalam IRED ini, tema-tema yang menjadi acuan debat adalah tema-tema seputar War and Peace, Human Rights, International, dan Democracy,” tambah Miftah.

Agenda semacam ini diharapkan dapat membantu pembentukan jati diri mahasiswa seutuhnya serta memadukan pengembangan intelektual dengan keterampilan. Bila jati diri tersebut telah terbentuk dan kecerdasan intelektualnya terintegrasi dengan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan kinestetis, maka kelak para lulusan perguruan tinggi akan siap menghadapi tantangan zaman ke depannya.

“Kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa seperti ini akan mendukung pencapaian kompetensi lulusan secara utuh. Diharapkan, pada saatnya nanti, mereka mampu bersaing dan memberikan sumbangsih bagi bangsa dan Negara”, imbuh Miftah.

KOMAHI UMY TINGKATKAN KUALITAS MAHASISWA MELALUI LOMBA DEBAT
sumber : http://www2.umy.ac.id/2010/01/komahi-umy-tingkatkan-kualitas-mahasiswa-melalui-lomba-debat.umy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s