Memaknai MATAF bersama KOMAHI UMY

Setelah MATAF FISIPOL , keesokan harinya dilanjutkan dengan MATAF Jurusan Hubungan Internasional UMY . Walaupun merupakan MATAF Jurusan , tetapi MATAF Jurusan HI ini juga mempunyai persyaratan yang harus dibawa . Walaupun, penulis yang masih capek sehabis MATAF FISIPOL dan sampai di UNIRES Putra sekitar pukul . 08.45 WIB .

Persiapan MATAF Jurusan Hubungan Internasional UMY

Penulis masih harus mempersiapkan kelengkapan untuk MATAF Jurusan HI besok , penulis tergabung dalam kelompok peneliti yang dipandu oleh Kak Ratih dan Kak Fadli , adapun kelengkapan yang harus dibawa diantaranya :

Pakaian:

Baju Putih
Celana Kain Hitam
Sabuk Hitam
Sepatu Pantofel
Kaos Kaki Bola Warna Biru
Topi Toga dari Karton berwarna Hitam
Koper Orange dari Karton ditempel Bendera

Co-Card berbentuk kaca pembesar berisi :
Foto , Nama , NIM , dan Nama Kelompok

Air Mineral 750 ml
Beras 1 kg
Pakaian Layak Pakai
Alat Shalat
Beng – beng 4 buah
1 buku 1 pulpen
Roti dengan rasa sama .

Tugas :
Paper tentang Peneliti Public Relation di UK.
format : 5 lembar , font TNR , size 12 , spasi 1,5
Powerpoint tentang paper,

Penulis memprioritaskan menyelesaikan tugas paper dengan judul Para Peneliti Public Relation di UK dan powerpoint (powerpoint dapat didownload disini .. ) , tetapi sebelum menuju UNIRES Putra , penulis menyempatkan diri untuk singgah di toko alat tulis untuk membeli karton tebal , kertas warna hitam ,kertas warna orange 3 buah dan kertas warna biru muda untuk membuat properti toga, co-card , dan koper orange.

Penulis kembali membawa bahan baku properti dan mengerjakan paper yang berjumlah lima lembar , dan powerpointnya . Setelah mengetik paper dengan format yang telah disiapkan maka , papernya saya akan print beserta bendera negara UK .

Setelah di cetak , penulis kembali ke kamar dan mengerjakan properti untuk keesokan harinya . Segala properti terselesaikan pada pukul. 02.15 WIB malam , penulis sangat capek dan memutuskan untuk tidur agar besok dapat kembali fresh .

MATAF Jurusan Hubungan Internasional UMY Dimulai

Adzan subuh berkumandang , badan masih letih dan lesu . Tetapi harus tetap mengikuti MATAF Jurusan . Akhirnya , penulis pun beranjak dari tempat tidur dan bersiap untuk MATAF Jurusan HI UMY.

Arjuna Hubungan Internasional UMY

Kawan – kawan telah berkumpul di Lobby HI pada pukul 05.30 WIB pagi , dan bersiap untuk mengikuti MATAF Jurusan HI UMY . Setelah kawan – kawan terkumpul maka , kami menuju ke Lantai Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan Lantai Dasar yang disambut oleh panitia yang mengenakan kostum Arjuna .

Simbol dari Arjuna itu sendiri adalah seorang pemimpin yang akan memimpin para generasi muda HI untuk berani melawan kebatilan , dan menghindari hal – hal yang dapat merugikan . Hal ini merupakan suatu penekanan sikap untuk berani berkata Jujur dan bertanggungjawab.

Setelah para peserta MATAF Jurusan HI UMY telah menempati tempat yang telah disediakan , maka panitia memulai memandu acara , dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an , dan sambutan dari Ketua Panitia MATAF Jurusan HI UMY , ketua KOMAHI UMY , dan ketua Jurusan Hubungan Internasional UMY bapak Sugeng Rianto,SIP, M.Si.

Ketua Panitia MATAF Hubungan Internasional

Ketua KOMAHI 2009 / 2010

Setelah sambutan maka  , acara dibuka secara resmi oleh bapak Sugeng Riyanto ,SIP, M.Si. dengan memukul Gong . Kemudian bapak / ibu dosen Hubungan Internasional UMY satu per satu diperkenalkan oleh bapak Sugeng Riyanto,SIP.M.Si. Dosen – dosen Hubungan Internasional UMY dapat dilihat di :
http://www.umy.ac.id/fakultas-ilmu-sosial-ilmu-politik/staff-dosen/hubungan-internasional

Bapak Bambang Wahyu Nugroho,SIP. memaparkan materi

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh bapak Bambang Wahyu Nugroho ,SIP untuk menjelaskan lebih mendetail mengenai Jurusan Hubungan Internasional UMY. Mulai dari sejak berdirinya HI UMY dan mempertahankan 3x akreditasi “A” dari BAN-PT .

Indriyani sharing cerita dengan MaBa UMY

Setelah penjelasan dari bapak Bambang Wahyu Nugroho , kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh mbak Indriyani salah satu mahasiswa UMY yang baru wisuda pada bulan Juni 2010 . Mbak Indriyani membagi pengalaman sebagai presenter di TV Jogja . Dan berbagai pengalaman menjadi MC di berbagai acara.

Setelah itu , maka dilanjutkan dengan makan siang bersama , dan shalat Duhur , kemudian kami diajak untuk mengenal lebih dekat dengan wilayah Hubungan Internasional di UMY . Berjalan melihat – lihat kantor Tata Usaha HI UMY , kemudian ruang dosen , dan ruang Diplomasi ASEAN .

Kunjungan terakhir kami ke American Corner dan Iranian Corner , dan setelah itu kami kembali ke Mesjid KH.Ahmad Dahlan Lantai Dasar untuk shalat Ashar dan melanjutkan acara yakni , presentasi kelompok . Dimulai dari kelompok Indonesia , dan diakhiri dengan presentasi kelompok kami dari UK .

Presentasi kami yang cukup singkat ditanggapi positif oleh kawan – kawan dari kelompok lainnya . Dan akhirnya setelah kami presentasi maka , kami shalat Maghrib dan bersiap untuk kembali ke rumah masing – masing .

Untuk tanggal 30 Juli 2010 dilanjutkan dengan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) yang diadakan oleh LPPI UMY.

oleh : Achmad Zulfikar
Mahasiswa HI UMY Angkatan 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s