Mengenal KOMAHI Lebih Dalam

KOMAHI UMY (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UMY yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1988.

KOMAHI UMY berfungsi sebagai wadah kreatifitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY dengan mengedepankan semangat keterbukaan demi tercapainya KOMAHI UMY yang Islami, berkarakter, mandiri, dan profesional.

KOMAHI UMY sebagai sebuah organisasi yang menaungi kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY, memiliki tugas-tugas penting dalam melaksanakan program kerja. Program-program tersebut dituntut agar dapat mendistribusikan kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam masyarakat HI di UMY. KOMAHI UMY setiap tahunnya memiliki program kerja yang variatif dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Program-program kerja tersebut mengantarkan KOMAHI UMY mendapat penghargaan ASEAN Ten Accomplished Youth Organization (ASEAN TAYO) perwakilan Indonesia pada 27 November 2007. KOMAHI UMY sebagai sebuah himpunan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional juga berperan aktif di forum nasional yaitu Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII) yang merupakan wadah intelektualitas mahasiswa HI se-Indonesia.

Organisasi ini terbagi menjadi 6 Divisi yang setiap divisinya memiliki spesifikasi tugas yang berbeda sehingga dapat menampung berbagai macam aspirasi mahasiswa HI UMY. Adapun divisi-divisi tersebut adalah:

• Divisi Penelitian, divisi ini melakukan penelitian ilmiah terhadap isu aktual baik yang terjadi di tingkat kampus, nasional maupun global. Divisi ini juga menggali aspirasi seluruh mahasiswa untuk diaktualisasikan dalam kinerja keorganisasian. Adapun program kerja divisi ini seperti Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa, Pelatihan Penulisan Skripsi, dan Public Hearing.

• Divisi Pengembangan Wacana, merupakan divisi yang bertugas merespon dan menganalisis setiap isu aktual yang terjadi di tingkat kampus, nasional, dan internasional yang diaktualisasikan dalam kinerja keorganisasian. Divisi ini mengaplikasikan tugasnya dengan mengadakan agenda seperti Book Review dan International Relations English Debate. Selain itu, diadakan pula Diplomatic Course sebagai bentuk pengenalan singkat terhadap praktek kerja diplomat.

• Divisi Bahasa dan Budaya, merupakan divisi yang mengkaji secara ilmiah budaya-budaya lokal maupun asing dan kemudian mengenalkannya kepada mahasiswa HI UMY pada khususnya, terutama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Divisi ini mengadakan berbagai agenda seperti Pelatihan Bahasa Asing, Culture Adventure, Annual Book Collecting, dan Festival Budaya bertajuk “Unity Festival”.

• Divisi Pers Mahasiswa, merupakan divisi yang fokus dalam bidang jurnalistik. Divisi ini meningkatkan kualitas media informasi dan komunikasi untuk mengembangkan intelektualitas mahasiswa HI serta sebagai wadah sosialisasi keorganisasian. Divisi ini secara berkala menerbitkan Bulletin dan Mading “International Relations News” di lingkungan HI UMY, serta mengadakan International Relations Goes to School bersama divisi Organisasi dan Kerjasama.

• Divisi Minat dan Bakat, merupakan divisi di KOMAHI yang ada untuk menyeimbangkan sisi keilmuan dengan merespon minat dan bakat mahasiswa HI UMY di segala bidang khususnya non akademik. Divisi Minat dan Bakat menjalin silaturahmi dengan pihak internal maupun eksternal kampus dalam mengadakan Pertandingan Futsal Persahabatan. Selain itu, divisi ini memiliki program kerja seperti Save Our Animal, Futsal Tournament, dan Unity Festival.

• Divisi Organisasi dan Kerjasama, divisi ini mengurusi peningkatan kualitas sumber daya pengurus, serta menangani pembinaan jaringan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal UMY. Divisi ini aktif secara langsung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa HI se-Indonesia, menangani Email dan Facebook, dan dalam aplikasi pembinaan kerjasama, divisi ini mengadakan International Relations Goes to School, dan juga Apprentice Trip Goes to Malaysia. Selain itu divisi ini juga mengurusi Training Organisasi.

Selain itu, KOMAHI UMY juga mengurusi beberapa agenda tahunan lain seperti Masa Ta’aruf dan Bakti Sosial. KOMAHI UMY juga ikut menyukseskan Pertemuan Nasional “Forum Komunikasi Jurusan Hubungan Internasional” serta membantu Prodi HI UMY dalam memperoleh akreditasi A.

sumber : halaman group KOMAHI UMY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s