ASEAN TAYO 2007 untuk KOMAHI UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY)—yang mewakili Indonesia—mendapat penghargaan dalam ajang ASEAN TAYO 2007(Ten Accomplished Youth Organization) 10 Organisasi berprestasi yang digelar di Cebu city,Filipina, 28-30 November 2007 lalu. Penghargaan dianugrahkan di Cebu International Convention Center,Plenary Hall 30 November 2007.

ASEAN TAYO 2007 merupakan wahana pencarian 10 Organisasi remaja dan pemuda di ASEAN yang menorehkan prestasi terbaik dalam upaya pembangunan dan pembinaan pemuda. Serta merupakan penghargaan dan pengakuan untuk pemuda berprestasi dan organisasi yang melayani pemuda di negara-negara anggota ASEAN.

ASEAN TAYO Award 2007diberikan kepada organisasi pemuda yang telah melakukan program yang berkelanjutan, serta karya dan aktivitas yang bisa menjadi contoh bagi organisasi yang lain. Sehinggga dapat membantu dalam usaha pencapaian 8 misi Milennium Development Goals PBB .

Acara ini diadakan oleh Committee for ASEAN Youth Corporation bekerja sama dengan National Youth Council Filipina. Adapun yang menjadi kriteria penilaian awards tersebut adalah organisasi harus mempunyai program-program yang dapat memberikan dampak bagi komunitas masyarakat, mampu memobilisasi sosial, program yang inovatif, serta program yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Program-program tersebut harus terfokus pada kriteria-kriteia seperti Konservasi lingkungan, apresiasi seni dan budaya Asia, Pendidikan, tenaga kerja, kesehatan reproduksi dan gaya hidup sehat, tenaga pemuda sukarela, pengembangan kesejahteraan sosial.

Dalam ajang penghargaan tersebut, KOMAHI UMY diwakili oleh Khairul Fuadi, didampingi oleh Pembantu Rektor 3 UMY Drs. Husni Amriyanto,Msi. Tetapi sayang ( KNPI) Komite Nasional Pemuda Indonesia dan pihak dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia tidak dapat mendampingi delegasi Indonesia dalam penganugrahan awards tersebut.

Selain KOMAHI UMY yang mewakili Indonesia dalam ajang prestasi tersebut, ada beberapa organisasi lainnya yang mewakili masing-masing negara ASEAN. Persatuan Melayu Keriam (PESAKA) dari Brunei Darussalam, Youth Association of Cambodia dari Kamboja, Lao Youth Union dari Laos, Kapansanan Akibat sa Kaunlaran ng Bayan (KAAKBAY) dari Filipina, SEMANGAL Usaha Maju Jaya Youth Association (SUMBER) of Felda Sumpang Wa Ha Kota Tinggi, Johor dari Malaysia.

Serta Initiate dari Singapore. Serta ASTRO entertainment yang mendapatkan penghargaan khusus atas dedikasinya dalam usaha pendampingan sosial masyarakat dalam bidang teknologi informasi.

Menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi KOMAHI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan kebanggaan dapat menjadi wakil Indonesia meraih penghargaan sebagai Organisasi Pemuda terbaik ASEAN dalam ajang ASEAN TAYO awards 2007. sebagai sebuah organisasi mahasiswa ditingkatan jurusan, KOMAHI UMY telah mampu mengukir prestasi Internasional di tingkat ASEAN.

Selama di Cebu,Filipina delegasi dari Organisasi Kepemudaan dari tiap negara ASEAN tersebut mengikuti berbagai aktivitas yang berhubungan dengan Millenium Development Goals sesuai misi ASEAN TAYO 2007 yang mengadopsi dari program United Nations tidak terpengaruh atas peristiwa percobaan kudeta militer di Manila tetap melakukan aktivitas sosial kemasyarakatan di Talamban GK Village Cebu dengan melakukan interaksi dengan penduduk bekerja sama dengan youth volunters Filipina dan pada malam harinya para delegasi tiap negara mendapat kehormatan dalam acara jamuan makan malam di rumah kediaman Gubernur Kota Cebu.

Masih dalam rangkaian acara tersebut, delegasi Indonesia yang diwakili oleh Khairul Fuadi juga mengikuti 12th CACY Management Meeting dan 16th National Secretaries Meeting bersama delegasi dari Negara anggota ASEAN di meeting room Rajah Park Hotel,Cebu city yang membahas tentang follow up dari pembentukan Cyber Development Corps (CDC) ASEAN, dan pertemuan untuk negara anggota CDC ASEAN yang akan diadakan di Kuala Lumpur,Malaysia pada pertengahan bulan Mei 2008. dan presentasi dari ASTRO tentang bagaimana ASTRO dapat bekerja sama dengan negara-negara lain di region ASEAN bagi anak-anak muda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s