Hubungan Bilateral Indonesia – Timor Leste

Pada tahun 1975 dan 1976, ABRI merebut kekuasaan di Timor-Timur. Tindakan Indonesia ini dianggap anarkis oleh sejumlah negara di dunia sebagai suatu aneksasi terhadap Timor Timur. Memang, aksi Indonesia mengambil alih pemerintahan di Timtim tersebut tidak pernah mendapat persetujuan PBB. Meski demikian, Amerika sebagai salah satu superpower di samping Uni Soviet saat itu, mendukung tindakan Indonesia tersebut. Alasan Amerika sudah jelas, yaitu menghambat komunisme Uni Soviet masuk ke Timtim.

Pemerintah Indonesia sebenarnya telah banyak menghabiskan biaya untuk pembangunan di eks provinsi termuda tersebut. Integrasi Timtim selama 24 tahun ke Indonesia ternyata berujung pada konflik antara rakyat Timtim yang prointegrasi dan yang kontra integrasi.

Puncaknya terjadi pada bulan Januari 1999, pemerintah Indonesia menyetujui jajak pendapat yang disponsori PBB yang memungkinkan warga Timor Timur memilih antara otonomi di bawah Indonesia atau kemerdekaan.

Pada masa kepemimpinan Prof BJ Habibie, Timor Timur terlepas dari Negara Kesatuan RI, yaitu pada tanggal 30 Agustus 1999.

Pada awal berdirinya Timor-Timur atau sekarang menjadi Timor Leste pemerintah Indonesia memboikot semua kesjasama yang berhubungan dengan Pemerintahan Timor Leste. Tetapi pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono semua terbuka bagi Timor Leste.

Awal kerjasama Indonesia-Timor Leste adalah pada bidang perekonomian yang pada saat Pemerintah Indonesia membantu rakyat Timor Leste logistic berupa beras yang pada saat itu rakyat Timor Leste menderita kekeringan kecil.

Sampai sejauh ini kerjasama ekonomi Indonesia-Timor Leste tetap berjalan karena kedua Negara ingin menjadi tetangga yang saling melengkapi.

Oleh: Ery Hendrawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s