Workshop Nasional Kesetaraan Gender

Yogyakarta – Kawan-kawan tentu masih ingat beberapa waktu lalu tepatnya pada 21-26 November lalu beberapa mahasiswa HI UMY didelegasikan untuk mengikuti Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XXII di Universitas Nasional, Jakarta. Demikian banyak kegiatan yang disajikan panitia demi memuaskan para peserta yang berasal dari lebih 25 Universitas di Indonesia. Salah satunya adalah Workshop Nasional Mahasiswa bertajuk “Sudahkah Organisasi Anda amah terhadap Perempuan?”.

Workshop yang mengangkat tema kesetaraan gender perempuan ini diadakan di Gedung Universitas Nasional 23 November 2010 pukul 14.00-17.00. Materi disampaikan oleh Yayasan Jurnal Perempuan (YJP) kepada peserta selama 20 menit pertama, kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pemaparan hasil diskusi dari tiap kelompok.

Tim dari YJP menjelaskan tentang perbedaan jenis kelamin dan gender, sekaligus mengungkapkan realita yang terjadi di tengah masyarakat mengenai peran perempuan di masa kini. Perempuan kerap menyandang peran ganda, sebagai pencari nafkah keluarga sekaligus tetap mengurus urusan rumah tangga, sedangkan laki-laki seakan tidak mau campur tangan dalam urusan keseharian rumah tangga. YJP ingin mengajak peserta untuk bersama-sama menciptakan laki-laki dalam mindset baru, bahwa tidak ada sesuatu yang ganjil apabila laki-laki ikut serta dalam membantu pekerjaan rumah tangga dan dapat saling membantu dalam keharmonisan.

Kegiatan selanjutnya adalah diskusi kelompok. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang memiliki topik masing-masing mengenai masalah peran perempuan di lingkukungan masyarakat, organisasi, media massa, pemerintahan, dan dunia kerja. Tiap kelompok diminta mengidentifikasi masalah kemudian menemukan solusi yang tepat dan mudah untuk direalisasikan. Peserta sangat antusias membahas topik dan saling bertukar pikiran tentang perlakuan yang kerap diterima perempuan dari lingkungannya, yang tidak disadari telah membatasi pengembangan diri perempuan dan ketidaksetaraan hak antara perempuan dan laki-laki.

Workshop diakhiri dengan presentasi hasil diskusi dari masing-masing kelompok. Solusi yang ditawarkan menjadi rekomendasi Yayasan Jurnal Perempuan dalam tulisan-tulisannya untuk memperjuangkan kesetaraan gender, untuk kemudian dikampanyekan dan membuka mata publik bahwa stigma yang berkembang dalam masyrakat selama ini masi terlampau sempit. Perempuan layak berkembang dan mempunyai kesempatan yang sama luasnya untuk mengasah bakat dan potensi.(oka)

Noorqa Zanial Azizah
Mahasiswa HI UMY 2010, Anggota Delegasi UMY di PNMHII XXII UNAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s