FKMHII bukan sebagai Wadah Politik dan Kepentingan

Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia atau yang kemudian disebut sebagai FKMHII pertama kali didirikan di Makasssar pada tanggal 22 September 1990. Sesuai dengan namanya, FKMHII ini bukanlah sebuah organisasi, namun FKMHII hanyalah sebuah forum, dalam bahasa saya, FKMHII hanyalah sebuah forum silaturahmi dan ajang edukasi bagi para mahasiswa Hubungan Internasional.

Mengingat pentingnya FKMHII, tercatat ada sekitar 24 institusi yang tersebar ke dalam enam wilayah yang tiap wilayah dijalankan oleh setiap Presidium Nasional Koordinator Wilayah. Adapun wilayah tersebut melingkupi Sumatera (wilayah I), Jabodetabek (wilayah II), Jawa Barat (wilayah III), DI.Yogyakarta-Jawa Tengah (wilayah IV), Kalimantan-Sulawesi (wilayah V), Jawa Timur (wilayah VI). Adapun mekanisme pemilihan Presidium Nasional di tiap wilayah kemudian secara otonomi dijalankan di tiap wilayah tersebut.

Dalam memainkan perannya secara aktif, FKMHII memiliki dua kegiatan nasional yang sangat penting bagi eksistensi FKMHII. Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PSNMHII) dan Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PNMHII) . Adapun pelaksanaan PSNMHII XXI tahun ini (2009) bertempat di Universitas Airlangga Surabaya yang menghasilkan beberapa hal penting mengenai FKMHII, dan salah satunya tentang Resolusi Surabaya yang makin memperkuat FKMHII tersebut.

Dan adapun Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia pada tahun ini rencana awal bertempat di UIN Jakarta, namun karena satu dan lain hal lokasi tuan rumah dipindah ke Universitas Jember. Adapun perbedaan dari dua kegiatan nasional tersebut terletak pada substansi pembahasan yang memiliki tingkat kompleksitas yang berbeda, namun pada hakikatnya, kedua kegiatan nasional ini memiliki bargaining yang sama dalam memajukan FKMHII.

Peluang dan Tantangan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, FKMHII berlandaskan komunikasi dan keilmuan. Dengan posisi seperti itu, FKMHII dapat menjadi ujung tombak bagi kemajuan Hubungan Internasional, dan bukan hal yang tidak mungkin jika FKMHII pada saatnya nanti dapat merumuskan sesuatu yang nantinya dapat menjadi acuan bagi pembentukan kebijakan pemerintah untuk kemajuan bangsa.

Dalam kaitannya, FKMHII yang berisi beberapa institusi, sudah saatnya memberikan porsi lebih bagi kehidupan bangsa dengan memberikan pikiran-pikiran kritis tentang fenomena bangsa. Dalam mewujudkan itu semua, perlu kesolitan di dalam tubuh FKMHII tersebut, menghilangkan segala friksi yang terkandung didalamnya, dan yang terpenting ego tiap institusi dalam FKMHII demi kemajuan FKMHII dan juga bangsa Indonesia.

FKMHII yang merupakan forum bagi mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia merupakan posisi strategis bagi siapapun yang ingin memainkan peran untuk menunjukkan eksistensinya. Perbedaan pandangan mengenai pasal 8 pada Pedoman Dasar Forum yang merupakan acuan bagi FKMHII untuk menjalankan fungsi dan peranannya. Adapun di dalam pasal 8 mennyebutkan “FKMHII bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap keilmuan serta pemahaman terhadap studi Hubungan Internasional dan dinamikanya untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dalam hal ini mengacu pada Tridarma Perguruan tinggi.” Oleh beberapa kelompok kepentingan, ini merupakan celah untuk memajukan kelompok tersebut dan mendapatkan keuntungan dari itu semua. Dalam bahasa saya, FKMHII bukan sebagai wadah politik bagi kelompok kepentingan yang ingin mendapat posisi di legislatif ataupun eksekutif.

Oleh : Pamungkas Patria Yudha
Mahasiswa Ilmu Hubungan internasional UMY Angkatan 2006 dan merupakan mantan Presidium Nasional Wilayah IV tahun 2007-2008.

Sumber: Diplomacy Magz KOMAHI UMY 1st Edition, 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s