Haluan Organisasi KOMAHI UMY

KOMAHI UMY (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) didirikan di Yogyakarta, 8 Agustus 1988. Organisasi ini mempunyai misi untuk menumbuhkan potensi kecerdasan dan profesionalisme mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai organisasi non-pemerintah, KOMAHI UMY tumbuh menjadi organisasi yang peduli dengan perdamaian, kebebasan, solidaritas dan kemakmuran. Tanpa meninggalkan dasar intelektual sebagai seorang mahasiswa Hubungan Internasional yang peduli dengan serangkaian pendidikan global.

KOMAHI UMY yang berdasarkan atas kedudukan dan aturan sebuah perkumpulan yang berdasarkan hasil konsensus dari keputusan tertinggi dalam sebuah organisasi yang telah disetujui bersama, merupakan himpunan mahasiswa jurusan yang berfungsi sebagai wadah kreatifitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY dengan mengedepankan semangat keterbukaan demi tercapainya KOMAHI UMY yang Islami, berkarakter, mandiri, dan profesional.

Misi KOMAHI UMY adalah sebagai gerakan intelektual yang independen, menjadi wadah penampung aspirasi seluruh mahasiswa Hubungan Internasional dan menciptakan hubungan kerjasama yang sinergis dalam suatu struktur organisasi.

Tujuan Umum Organisasi

Prinsip Organisasi

1. Meningkatkan kondisi organisasi menjadi lebih kondusif, teratur dan profesional untuk mewujudkan dan mensosialisasikan program-program yang dimiliki.

2. Mewujudkan program sebagai suatu sistem yang utuh dan inovatif berdasarkan lingkungan internal maupun eksternal.

Prinsip Keimanan

Keseluruhan pemikiran, tujuan dan program KOMAHI UMY hanya berdasarkan atas rahmat dan hidayah Allah SWT.

Prinsip Keadilan

Untuk mencapai misi organisasi secara optimal, maka organisasi ini didasarkan atas pemerataan kerja yang jelas dan alih pengetahuan yang seimbang.

Prinsip Demokrasi

Sebuah organisasi harus dipelihara berdasarkan prinsip keadilan, kepercayaan dan bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum, untuk mewujudkan mahasiswa yang kritis, agamis dan inovatif.

Prinsip Inovatif

Keseluruhan dari pemikiran, reaksi dan fenomena sosial harus sesuai kreatifitas kritik dan pemikiran/ ide yang kemudian diwujudkan dalam suatu langkah nyata.

Struktur Kepengurusan KOMAHI UMY terdiri dari Ketua Umum , Sekretaris I , Sekretaris II , Bendahara , Wakil Bendahara , dan Enam Divisi . Pengurus saling bersinergi untuk melakukan inovasi kegiatan yang kiranya bermanfaat dan menunjang akademik bagi mahasiswa Hubungan Internasional UMY . Adapaun divisi – divisi mempunyai fungsi development yang bertugas mengembangkan organisasi sesuai divisinya .

Pengurus KOMAHI UMY dari Masa Kemasa

Pengurus KOMAHI UMY 2008 – 2009
Pengurus KOMAHI UMY 2009 – 2010
Pengurus KOMAHI UMY 2010 – 2011

KOMAHI UMY sebagai sebuah organisasi yang menaungi kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY, memiliki tugas-tugas penting dalam melaksanakan program kerja. Program-program tersebut dituntut agar dapat mendistribusikan kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam masyarakat HI di UMY.

Setiap tahunnya KOMAHI UMY mempunyai beberapa agenda. KOMAHI UMY sebagai sebuah himpunan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional juga berperan aktif di forum nasional yaitu Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII).

Forum ini merupakan wadah intelektualitas mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia. Selain itu, KOMAHI UMY juga telah berpartisipasi dalam forum internasional yaitu The Committee For ASEAN Youth Cooperation (CAYC). KOMAHI UMY pada tanggal 27 November 2007 berhasil mendapat penghargaan ASEAN Ten Accomplished Youth Organization (ASEAN TAYO) perwakilan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s