Lima Mahasiswa HI UMY ke Vietnam

2010 INDONESIA – VIETNAM YOUTH FRIENDSHIP PROGRAM dijadikan ajang mencari pengalaman bagi lima belas mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta. Lima diantaranya merupakan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY). Mereka adalah Andi Azhar dan Taufan Himawan, mahasiswa angkatan 2008, serta Nurul Huda Rosadi, Anita Rosmaya Hadi dan Heditia Syahputri Damanik angkatan 2006. 22 Agustus lalu, mereka dinyatakan lolos seleksi program tersebut untuk berangkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam 4-10 Oktober mendatang.

2010 INDONESIA – VIETNAM YOUTH FRIENDSHIP PROGRAM merupakan program pertukaran budaya yang diselenggarakan ASEAN YOUTH FRIENDSHIP NETWORK (AYFN) dengan tuan rumah University of Social Science and Humanities, Ho Chi Minh City, Vietnam. Program ini memang bertujuan membangun persahabatan antara pemuda Indonesia dan Vietnam melalui pertukaran budaya, sehingga tercipta mutual understanding di antara mereka.

Kelima Mahasiswa HI yang lolos, telah melewati dua tahap seleksi sebagai syarat. Yang pertama adalah seleksi administrasi,. Mereka diwajibkan menulis essay keterkaitan program ini. Setelah itu, pada tanggal 21 Agustus kemarin mereka melalui tes wawancara. Dalam tes wawancara tersebut, calon peserta ditanyai tentang seluk beluk Vietnam dan budayanya. Begitu juga mengenai budaya seperti apa yang ingin mereka perkenalkan di Ho Chi Minh nantinya, contohnya tarian, lagu, atau memainkan alat musik daerah masing-masing. Setelah ini, mereka akan melalui tahap final.

Menurut ayfn.wordpress.com, para peserta program ini akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dikemas dengan apik selama tujuh hari. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi: Pelatihan Bahasa Indonesia bagi mahasiswa Vietnam, Cultural Performance, Indonesian Food Festival, kunjungan ke KJRI Ho Chi Minh City, Tour Program ke tiga obyek wisata, dan malam persahabatan. Kegiatan-kegiatan ini diharapakan dapat mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia. Begitu juga nantinya memperat hubungan Indonesia Vietnam dalam bidang budaya dan pendidikan.

Dengan adanya prestasi yang ditorehkan teman-teman kita ini, semoga memacu kita semua untuk juga ikut berprestasi untuk HI UMY dan mengambil setiap pengalaman yang didapati nantinya.

“Tulisan ini merupakan salah satu wujud apresiasi yang diberikan KOMAHI UMY kepada mahasiswa-mahasiswa HI UMY berprestasi yang berhasil membesarkan almamater UMY, serta Program Studi HI lebih khususnya. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa-mahasiswa HI lain terpacu untuk turut meningkatkan prestasinya sehingga tercipta suasana yang lebih kompetitif di lingkungan HI UMY tercinta ini.” (fariz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s