Italia Dilarang menggunakan Kantong Plastik

Paris – KOMAHI News, Pemerintah Italia mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik yang akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2010. Larangan ini ditujukan kepada semua bidang usaha terutama pengusaha butik yang tercatat paling banyak menggunakan kantong plastik.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (29/12), larangan tersebut keluar setelah adanya kritik atas penggunanan kantong plastik yang berlebihan yang dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi lingkungan. Italia menggunakan sedikitnya 20 miliar kantong plastik dalam setahun yang beratnya setara dengan berat 330 orang dewasa. Setelah adanya larangan ini, pedagang di Italia dianjurkan untuk menyediakan kantung plastik ramah ligkungan atau yang dikenal dengan sebutan biodegradable.

Larangan pengunaan kantong plastik ini sebenarnya telah ada sejak Desember 2006. Namun akibat kurangnya sosialisasi larangan ini hanyalah menjadi isu yang terlewatkan begitu saja. Larangan ini kembali diserukan setelah adanya dorongan dari Menteri Lingkungan Hidup Italia, Stefania Prestigiacomo.

“Ini adalah revolusi yang sudah berjalan. Sebelum larangan ini kembali diserukan banyak supermarket telah menggunakan tas biodegradable,” kata Pimpinan Asosiasi Peduli Lingkungan Legambiente, Stefano Ciafani. (Vin)

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20101230/twl-penggunaan-kantung-plastik-dilarang-e254ac9.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s