Resolusi Tahun Baru Ala KOMAHI

Resolusi tahun baru sampai sekarang masih banyak diterapkan di berbagai negara. Resolusi ini dapat kita definisikan sebagai komitmen (bisa lebih dari satu) yang dibuat seorang atau sekelompok orang untuk dicapai dalam satu tahun mendatang. Resolusi dimulai pada tanggal 1 Januari dan berlaku sampai resolusi tersebut tercapai atau terlupakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resolusi tahun baru yang baik.

Buat Rencana Tindakan

Membuat resolusi tanpa merumuskan rencana tindakan adalah hanya impian belaka. Agar resolusi Anda dapat tercapai, kita perlu menerjemahkannya menjadi langkah-langkah yang dapat kita terapkan. Suatu rencana tindakan yang baik akan menuntun kita dengan memberi tahu apa yang perlu kita lakukan selanjutnya dan daftar langkah yang diperlukan untuk mencapai resolusi.

Buatlah Resolusi ASAP

Seperti kebanyakan orang, kita hanya punya sedikit kesempatan untuk merenung di beberapa hari terakhir di bulan Desember atau beberapa hari pertama di bulan Januari. Sebelum kesibukan kembali mengganggu kita atau sebelum semangat dan motivasi untuk berubah mulai mengendur, sebaiknya kita menyusun resolusi secepatnya. Jika tidak, tak terasa satu tahun dapat telah berlalu dan kita sudah kembali berada di penghujung tahun, bahkan sebelum kita membuat resolusi sama sekali. Memang dalam melakukan sesuatu, yang paling sulit adalah memulai dan mengambil langkah pertama.

Resolusi dan Rencana Tindakan secara Tertulis

Kegiatan menulis melambangkan komitmen pribadi. Maka buatlah resolusi dan rencana tindakan yang terkait secara tertulis. Beberapa orang bahkan menghiasnya dan menempelkannya di tempat yang pasti selalu terlihat, seperti di kamar tidur, di ruang kerja, atau bahkan di wastafel agar terlihat saat dia menggosok gigi setiap pagi.

Berpikirlah secara Strategik Setahun

Jangan hanya memikirkan tanggal 1 Januari saja karena resolusi besar sulit diselesaikan dalam waktu satu hari. Resolusi mungkin dibuat dalam satu hari, tetapi dicapai dengan berbagai langkah yang perlu dilakukan dalam jangka waktu panjang dalam tahun yang baru. Resolusi tahun baru hanyalah titik awal saja. Pencapaiannya memerlukan komitmen dan pengembangan kebiasaan untuk merenungkan kembali.

Resolusi yang Fleksibel

Resolusi tahun baru kita buat pada awal tahun dengan berbagai asumsi keadaan yang yang kita hadapi dalam tahun yang baru tersebut. Perubahan situasi dalam tahun berjalan sudah pasti akan terjadi dan tidak dapat kita pungkiri. Hidup menjadi lebih seru dengan berbagai kejutan yang diberikan pada kita. Maka, fleksibilitas akan membantu kita beradaptasi dan mendukung pencapaian resolusi kita. Bahkan mungkin pula, resolusi kita itu sendiri akan berubah di tengah tahun karena perubahan prioritas hidup kita.

Mari mempersiapkan diri menyambut tahun baru! Anda sudah memiliki resolusi tahun baru? Resolusi mungkin mudah dibuat, tetapi tentunya selanjutnya terserah Anda.(Dyah)

Tulisan ini telah dimuat pada IRN Mading KOMAHI UMY Edisi 1 , Januari 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s