China ‘warnai’ Bank Dunia dengan Yuan

IRs News – China kian bangga kini. Soalnya, mata uang Negeri Tirai Bambu itu kini masuk dalam jajaran Bank Dunia. Tepatnya, sebagaimana catatan warta AP dan AFP pada Rabu (5/1/2011), Bank Dunia, kali pertama, menerbitkan surat berharga dalam mata uang yuan atau disebut juga renminbi atau RMB.

“Ini merupakan tanda penting dalam transaksi Bank Dunia karena untuk pertama kali mengeluarkan surat berharga dalam RMB dan menandai kepentingan besar dari Bank Dunia dalam mendukung pembangunan pasar RMB,” kata Doris Herrera-Pol, Kepala Pasar Uang Global Bank Dunia.

Langkah ini, sudah barang tentu memperlihatkan semakin pentingnya China dalam pasar keuangan dunia. Kelak, penerbitan surat berharga itu akan mampu menghimpun dana sebesar 500 juta yuan atau sekitar 67 juta dollar AS yang akan digunakan untuk program pinjaman Bank Dunia.

Bank Dunia, penerbit surat berharga bernilai miliaran dollar AS setiap tahunnya, mengharapkan minat para investor penyimpan uang tunai dalam yuan yang jumlahnya diperkirakan semakin bertambah.

Beberapa lembaga seperti Bank Pembangunan Asia maupun perusahaan swasta seperti Mc Donald’s dan Caterpillar sudah lebih dulu menerbitkan surat berharga yuan. Sementara pasar di Hong Kong mengeluarkan surat berharga yuan tiga tahun lalu.

September lalu, pemerintah China juga sudah mengeluarkan surat berharga RMB untuk pasar dalam negeri.

Rabu, 5 Januari 2011 | 17:36 WIB
sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/01/05/17365731/China.Warnai.Bank.Dunia.dengan.Yuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s