Ikan Tuna Raksasa seharga 3,5 Milliar

TOKYO, IRs News — Seekor ikan tuna sirip biru raksasa terjual seharga 396.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 miliar pada pelelangan pertama tahun ini di pasar ikan terbesar dunia di Tokyo, Rabu (5/1/2011), pada penawaran subuh.

Ikan seberat 342 kg itu tertangkap di sekitar pulau sebelah utara Jepang, Hokkaido, ditawar hingga 32,49 juta yen (396.000 dollar), kata seorang petugas di pasar ikan Tsukiji. Nilai itu adalah tawaran tertinggi, lebih besar dari rekor sebelumnya senilai 20,02 juta yen yang juga dibayarkan untuk ikan tuna sirip biru pada tahun 2001, kata seorang petugas.

Sashimi, jenis makanan dari ikan mentah dari ikan raksasa tersebut, diperkirakan akan dijual hingga 3.450 yen sebagai harga awal, tulis media setempat. Ikan tersebut dibeli oleh pemilik restoran sushi dari Jepang dan Hongkong yang juga membuat tawaran bersama untuk ikan tuna sirip biru lain pada lelang pertama tahun lalu di Tsukiji, pasar ikan seluas lebih dari 40 lapangan sepak bola.

“Saya merasa lega,” kata pemilik restoran asal Hongkong kepada wartawan di pasar itu, tempat total 538 ikan tuna sirip biru juga terjual dengan harga tinggi dalam lelang subuh tersebut. “Ikan tuna itu bagus,” katanya. “Harga yang tinggi terjadi karena pembeli asing juga menginginkan tuna itu.”

Media setempat mengatakan, penawar dari China yang sedang mengalami pertambahan permintaan jenis ikan tuna sirip biru ikut mendongkrak harga jual hingga mencapai rekor baru. “Globalisasi makanan memicu tingginya harga,” kata seorang peserta menurut kantor berita Kyodo. “Ini merupakan berita bagus yang menghidupkan seluruh pasar. Saya harap perekonomian Jepang juga dapat terdorong dan meningkat.”

Masa perburuan ikan yang berlebihan telah menjatuhkan harga tuna global, memicu beberapa negara Barat untuk melakukan pembatasan perdagangan atas ikan tuna sirip biru Atlantik yang langka tersebut. Jepang mengonsumsi tiga perempat ikan tuna sirip biru yang ditangkap di dunia, bahan dari sushi yang dihargai tinggi di Jepang dan dikenal sebagai kuro maguro (tuna hitam) dan disebut pencinta sushi sebagai “permata hitam” karena kelangkaannya.

Rabu, 5 Januari 2011 | 16:32 WIB
sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/01/05/1632522/Seekor.Ikan.Tuna.Dihargai.Rp.3.5.Miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s