Kunjungan UNPAS ke UMY: Sebuah Upaya Mempererat Tali Silaturrahmi

Penerimaan Kunjungan HI UNPAS di Ruang Simulasi Sidang HI UMY (03/01)
photo by : Apriz

Senin, 3 Januari 2011 sekitar pukul 13.00, rombongan mahasiswa HI UNPAS Bandung tiba di UMY. Masih dalam rangka Study Comparative yang memang rutin diadakan oleh HIMHI UNPAS, rombongan bertolak dari Bandung sejak Minggu (02/01) malam.

Sesampainya di UMY, setelah sebelumnya mengunjungi UGM, rombongan langsung disambut oleh Ketua Jurusan HI UMY, Bapak Sugeng Riyanto, beserta Sekretaris Jurusan, Ibu Siti Muslikhati, dan Ketua Program IC, Ibu Wahyuni Kartikasari di ruang Simulasi Sidang HI. Dalam rombongan tersebut, turut serta pula dua dosen HI UNPAS yang satu diantaranya adalah Sekretaris Jurusan HI UNPAS, Bapak Ade Priangana.

Sesi prsentasi pertama dibawakan oleh bapak Sugeng Riyanto selaku Ketua Jurusan Prodi HI UMY . Beliau yang menyampaikan penjelasan mengenai program studi HI di UMY , diawali dengan pemaparan tentang sistem pengajaran sampai konsentrasi yang ditawarkan kepada mahasiswa seperti , Globalisasi , Dunia Islam , dan Asia Pasifik . Setelah sesi presentasi maka dilanjutkan dengan tanya jawab dari mahasiswa UNPAS mengenai prodi HI UMY.

Setelah sesi presentasi jurusan oleh Bapak Sugeng Riyanto, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi HMJ oleh ketua masing-masing, diawali oleh KOMAHI UMY dan kemudian dilanjutkan dengan HIMHI UNPAS. Disesi ini teradi diskusi yang cukup menarik terkait dengan perbedaan sistem di kedua HMJ , hal ini dapat terlihat dari perbedaan struktur pemerintahan hingga perbedaan struktur organisasi didalamnya.

Selesai sesi pemaparan HMJ, rombongan kemudian dibawa berkeliling oleh pemandu dari KOMAHI UMY. Rombongan diajak untuk mengunjungi beberapa tempat diantaranya Lab. HI, Asia Pacific Corner, American Corner, Iranian Corner, dan Kantor KOMAHI UMY. Tak lama setelah sesi jalan-jalan, rombongan langsung menuju bis karena sudah harus meninggalkan UMY.

Ketua HIMHI UNPAS, Taufik Adrian, menyatakan rasa terima kasih-nya terhadap sambutan dari teman-teman HI UMY yang begitu baik, dan semoga tali silaturrahmi diantara kedua universitas khususnya urusan HI dapat terus terjalin dengan baik.

Pada kenyataannya, kegiatan kunjungan semacam ini memang tidak hanya menjadi momentum perbandingan studi dan jalan – jalan, namun juga sebagai salah satu cara nyata untuk semakin mempererat tali silaturrahmi. Semoga untuk kedepannya akan lebih banyak lagi terjalin kerjasama diantara kedua pihak. (dynar/fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s