Tokyo dan Korsel Perkuat Kerjasama Militer

Tokyo , IRs News – Jepang dan Korea Selatan bermaksud memperkuat kerja sama militer masa damai mereka, kata media Jepang dalam laporannya Selasa, pada saat ketegangan tetap tinggi di semenanjung Korea dan China membangun militernya.

Kedua pemerintah akan menempatkan masalah sensitif tentang kerja sama keamanan pada pilar pernyataan bersama mereka yang sedang dipertimbangkan penerbitan pada awal musim semi ini, kata laporan surat kabar Yomiuri, mengutip sumber yang dekat dengan hubungan Jepang-Korea Selatan.

Seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang membantah laporan media itu, kendatipun mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tak beralasan.

Dalam pernyataannya, kedua negara akan menunjukkan tujuan mereka mencapai kesepakatan keamanan, yang mengizinkan militer mereka untuk mendukung satu sama lain selama pemeliharaan perdamaian dan misi bencana alam di luar negeri dengan menyediakan pasokan dan jasa, kata Yomiuri.

Kedua pemerintah juga akan mencari kesepakatan untuk mencegah kebocoran informasi militer, Yomiuri melaporkan.

Jepang telah berniat untuk memperkuat kerja sama keamanannya dengan Seoul di samping hubungannya dengan Washington, sekutu terdekatnya, dan perwira militer Korea Selatan berpartisipasi dalam latihan militer bersama antara Jepang dan Amerika Serikat bulan lalu untuk pertama kalinya sebagai pengamat.

Tetapi kantor berita Kyodo mengatakan belum jelas apakah pembicaraan tentang kerja sama pertahanan itu akan berjalan dengan lancar, karena ini adalah proposal Jepang dan para pejabat diplomatik di Seoul enggan karena kebencian Korea Selatan terhadap kekejaman penjajahan Jepang 1910-1945 di semenanjung.

Sebagai tanda sensitivitas terhadap topik, Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara membantah pada Senin bahwa ia telah menyatakan harapan bagi Tokyo untuk membentuk aliansi keamanan dengan Seoul dalam sebuah wawancara dengan harian Korea Selatan.

Selasa , 4 Januari 2011
sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20110104/twl-media-tokyo-dan-seoul-akan-perkuat-k-bbfa48e.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s