HAMAS desak Kelompok Militan hentikan Serangan ke Israel

Gaza , IRs News – Hamas hari Minggu menyatakan telah memulai pembicaraan dengan kelompok-kelompok militan di Jalur Gaza untuk mendesak mereka menghentikan penembakan roket ke Israel, serangan-serangan yang meningkatkan kekhawatiran Palestina mengenai ofensif baru Israel.

Pembicaraan itu merupakan pertanda bahwa Hamas berharap menghindari operasi militer Israel di wilayah kantung itu seperti perang mematikan tiga pekan yang berakhir pada Januari 2009.

“Kami memulai kontak dengan beberapa kelompok mengenai keadaan di lapangan. Hamas berusaha mengendalikan situasi di lapangan dan mendesak kelompok-kelompok itu mematuhi komitmen nasional,” kata pejabat Hamas, Ayman Taha.

Ia menunjuk pada satu pemahaman bahwa Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, sepakat dengan kelompok-kelompok militan dua tahun lalu untuk menghentikan serangan mortir dan roket.

Dalam beberapa pekan ini pejuang Palestina meningkatkan serangan ke Israel, yang dijawab oleh negara Yahudi itu dengan serangan-serangan yang menewaskan 13 orang Palestina, sebagian besar gerilyawan bersenjata, pada Desember.

Israel menyatakan, Hamas telah mengendalikan diri dari serangan dalam dua tahun ini, namun peningkatan penembakan roket menunjukkan bahwa kelompok itu belum berbuat banyak untuk mengendalikan kelompok gerilya lain.

Sejumlah pemimpin Hamas menyatakan, perang baru Gaza akan menimbulkan korban besar di pihak Israel, namun mereka juga berbicara mengenai kesediaan gencatan senjata timbal balik untuk mempermudah pembangunan kembali rumah-rumah dan prasarana yang hancur dalam konflik 2009.

Hamas yang menguasai Jalur Gaza menyatakan, mereka melaksanakan gencatan senjata de fakto dengan Israel sejak akhir perang 22 hari pada Januari 2009.

Serangan-serangan sejak itu menurun secara berarti, meski lebih dari 200 roket dan mortir yang sebagian besar rakitan ditembakkan ke Israel sejak awal 2010, kata militer Israel.

Israel meluncurkan perang 22 hari di Jalur Gaza dua tahun lalu dengan tujuan menghentikan serangan-serangan roket dan mortir yang hampir setiap hari ke negara Yahudi tersebut.

Jalur Gaza, kawasan pesisir yang padat penduduk, diblokade oleh Israel dan Mesir setelah Hamas berkuasa hampir tiga tahun lalu.

Israel menggempur habis-habisan Jalur Gaza dua tahun lalu dengan dalih untuk menghentikan penembakan roket yang hampir setiap hari ke wilayah negara Yahudi tersebut.

Perang di dan sekitar Gaza meletus lagi setelah gencatan senjata enam bulan berakhir pada 19 Desember 2008.

Israel membalas penembakan roket pejuang Palestina ke negara Yahudi tersebut dengan melancarkan gempuran udara besar-besaran dan serangan darat ke Gaza dalam perang tidak sebanding yang mendapat kecaman dan kutukan dari berbagai penjuru dunia.

Operasi “Cast Lead” Israel itu, yang menewaskan lebih dari 1.400 orang Palestina yang mencakup ratusan warga sipil dan menghancurkan sejumlah besar daerah di jalur pesisir tersebut, diklaim bertujuan mengakhiri penembakan roket dari Gaza. Tiga-belas warga Israel, sepuluh dari mereka prajurit, tewas selama perang itu.

Proses perdamaian Timur Tengah macet sejak konflik itu, dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas masih tetap diblokade oleh Israel.

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari.

Sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut dibloklade oleh Israel. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah — Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas.

Uni Eropa, Israel dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris.

Senin, 10 Januari 2011 00:15 WIB
sumber : http://www.antaranews.com/berita/1294593327/hamas-desak-kelompok-militan-hentikan-serangan-ke-israel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s