Pemanfaatan Hasil Laut Indonesia Perlu Dimaksimalkan

Yogyakarta, Kabar HI – Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, perlu memanfaatkan kekayaan lautnya hingga maksimal, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Afrizal Firman.

“Berdasarkan data statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemanfaatan hasil laut di Indonesia baru mencapai 48 persen dari potensi sebesar 6,7 juta ton, jika dimanfaatkan seluruhnya,” katanya, di Yogyakarta.

Menurut dia, Indonesia memiliki laut seluas 5,8 juta kilometer persegi, yang tiga kali lebih luas dari daratan yang hanya 1,9 juta kilometer persegi.

Dengan kondisi tersebut, kata dia, seharusnya pemerintah benar-benar memperhatikan potensi laut negeri ini.

“Namun, luasnya wilayah laut itu belum mampu memaksimalkan pemanfaatan potensi kelautan Indonesia saat ini,” katanya.

Ia mengatakan jika program pengelolaan berkelanjutan terhadap potensi hasil laut menjadi harga mati bagi Indonesia, posisi negeri ini di dunia perdagangan akan semakin diperhitungkan dalam beberapa tahun mendatang.

“Selama ini pemerintah lebih memperhatikan komoditas unggulan hasil ekspor Indonesia yang berada di daratan. Data 2009 juga menunjukkan produk seperti mebel, tekstil, sepatu, kakao, dan elektronik lebih mengalami peningkatan dibandingkan dengan produk atau hasil laut,” katanya.

Ia mencontohkan, dari 1,6 juta ton potensi hasil laut Maluku yang bisa dimanfaatkan, baru sekitar 300 ribu ton yang terolah. Dengan demikian, masih banyak potensi hasil laut yang belum dimanfaatkan.

“Padahal, sekitar 92 persen wilayah Maluku adalah laut, mengingat pulau ini memiliki wilayah seluas 712.480 kilometer persegi, dimana 658. 295 kilometer persegi di antaranya adalah laut,” katanya.(*)

Afrizal Firman adalah mahasiswa Hubungan Internasional UMY angakatan dan alumni pengurus KOMAHI UMY angkatan 2007


21 oktober 2010
sumber : http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=13569&Itemid=821

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s