Gempa 6.5 Skalarichter Mengguncang Jepang

Tokyo , IRs News – Gempa berkekuatan 6,5 pada skala richter mengguncang selatan Jepang pada Kamis, namun tidak menyebabkan tsunami, menurut Dinas Survey Geologi AS (USGS).

Gempa tersebut terjadi pada pukul 07.32 waktu setempat (04.32 WIB) di kedalaman 520 kilometer dan berlokasi 220 kilometer di barat Chichi-Sima yang merupakan bagian dari Kepulauan terpencil Bonin, menurut USGS.

Tidak ada laporan tentang kerusakan atau korban yang ditimbulkan akibat gempa itu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyimpulkan tsunami yang merusak tidak akan terjadi berdasarkan data sejarah gempa dan tsunami.

Dinas Meteorologi Jepang yang mengukur gempa pada kekuatan 6,6 skala richter mengatakan tidak ada ancaman tsunami akibat gempa tersebut.

Kepulauan terpencil Pasifik — yang dikenal sebagai Kepulauan Ogasawara oleh warga setempat — sempat diguncang gempa berkekuatan 7,4 skala richter pada Desember yang juga tidak mengakibatkan korban jiwa.

Gugus Kepulauan Ogasawara, terbentuk lebih dari 30 pulau subtropis dan tropis yang berjarak 240 kilometer Iwo Jima, sempat berada dalam kontrol Amerika Serikat pasca Perang Dunia II, namun dikembalikan ke Jepang pada 1968.

Kepulauan terluar itu termasuk dalam wilayah yang dilestarikan karena keunikan habitat biologisnya dan dijuluki sebagai “Galapagos dari Timur”.

Sekitar 20 persen gempa yang terkuat di dunia melanda Jepang, yang terletak di “Cincin Api” sekitar Samudra Pasifik.

sumber : http://www.antaranews.com/berita/1294907116/gempa-6-5-skala-richter-guncang-jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s