Gempa 7,2 SR Guncang Pakistan

ISLAMABAD, IRs News – Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang Pakistan baratdaya, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Rabu (19/1/2011). Ketakutan akan kerusakan besar di daerah terpencil itu berkurang ketika USGS merevisi perkiraan awalnya yang menyatakan, pusat gempa itu sangat dangkal

Laporan awal USGS mengatakan gempa itu, yang terjadi pada Rabu pukul 01.23 waktu setempat (atau pukul 03.23 WIB), berpusat di kedalaman 10 kilometer dengan kekuatan 7,4 SR. Namun lembaga itu kemudian merevisi dengan mengatakan gempa tersebut berpusat di kedalaman 83 kilometer, di sekitar 55 kelometer di barat Dalbandin, kota dengan sekitar 15.000 penduduk.

Gempa tersebut terjadi di dekat wilayah perbatasan yang sulit dengan Afganistan, dan korban luka-luka mungkin terbatas mengingat jarangnya penduduk.

Warga kota India New di Delhi dan Dubai di kawasan Teluk mengatakan, mereka merasakan gempa itu, sebagaimana yang dirasakan orang di pelabuhan besar Karachi di Pakistan, meskipun tidak ada laporan awal soal kerusakan atau korban luka-luka.

Pusat Tsunami Pasifik menyatakan, gempa di laut itu tidak memicu tsunami di Lautan Hindia.

Gempa dengan kekuatan sebesar itu, jika terjadi pada kedalaman yang dangkal dan dekat pusat-pusat permukiman, mampu menyebabkan kerusakan besar dan meluas serta dapat menimbulkan ketegangan baru di negara yang masih terhuyung-huyung akibat banjir yang merusak tahun lalu. Bencana banjir di Pakistan tahun lalu menyebabkan kerusakan besar dan lebih dari 10 juta orang menjadi tunawisma.

Pada 8 Oktober 2005, gempa berkekuatan 7,6 SR, yang mengguncang di sekitar 95 Km di timurlaut Islamabad, menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Rabu, 19 Januari 2011 | 07:57 WIB
sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/01/19/07572657/Gempa.7.2.Guncang.Pakistan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s