RI Sambut Baik Timur Leste di ASEAN

JAKARTA,IRs News – Pemerintah Indonesia menyambut baik keinginan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao untuk bergabung dalam keanggotaan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Meskipun demikian, Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Michael Tene mengatakan, tidak ada jaminan bahwa Timor Leste akan bergabung dengan ASEAN dalam setahun ini.

Menurut Michael, terdapat sejumlah tahapan proses yang harus ditempuh Timor Leste untuk bergabung. “Presiden mengatakan, Indonesia mendukung permintaan Timor Leste. Namun, harus ada proses yang bergulir,” katanya dalam jumpa pers di kantor Kementrian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, Jumat (21/1/2011).

Untuk memenuhi tahapan tersebut, lanjut Michael, Timor Leste membutuhkan waktu untuk persiapan. “Jadi proses itu akan bergulir, belum tentu akan selesai setahun, tapi Indonesia mendukung,” tambahnya.

Untuk menjadi anggota ASEAN, kata Michael, Timor Leste harus bersiap-siap dalam menjadi bagian dari berbagai perjanjian ASEAN atau mengikuti berbagai pertemuan anggota ASEAN. “Karena menjadi anggota ASEAN, Timor Leste juga harus menjadi bagian perjanjian dari ASEAN dan dia harus mengikiti berbagai pertemuan ASEAN,” tegasnya.

Seperti diberitakan, Xanana Gusmao berharap jika Kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN dapat mempercepat proses bergabungnya Timor Leste sebagai anggota kesebelas ASEAN.

Menanggapi permintaan Xanana tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menyatakan dukungan agar bergabungnya Timor Leste dalam ASEAN segera diproses.

Jumat, 21 Januari 2011 | 13:29 WIB
sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/01/21/13293073/RI.Sambut.Baik.Timor.Leste.di.ASEAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s