Julian Assange : Sosok Dibalik Wikileaks

Julian Assange – Pendiri Wikileaks

Akhir-akhir ini publik di gemparkan dengan adanya situs Wikileaks. Julian Assange menjadi sangat populer dan menjadi sorotan dunia. Ia adalah seorang  jurnalis asal Australia yang mendirikan WikiLeaks pada tahun 2006. Ia juga bertindak sebagai pemimpin redaksi dan juru bicara WikiLeaks.

Julian Paul Assange lahir di Townsville, Queensland, Australia, pada 3 Juli 1971.Ia sering berpindah – pindah karena orangtuanya menjalankan sebuah kelompok teater keliling. Masa remaja Assange tidak  seperti remaja pada umumnya. Pada usia 16 tahun dia meninggalkan rumah dan pada usia 18 tahun memiliki seorang putra.

Assange membentuk suatu kelompok aktivis Penyelidikan Orang Tua terhadap Perlindungan Anak bersama ibunya. Pada tahun 1991, dia dan beberapa teman yang berprofesi sebagai hacker (pengacak komputer) memecahkan dan memasuki jaringan terminal Nortel, perusahaan telekomunikasi Kanada yang berakibat tertangkap dan dinyatakan bersalah atas 25 dakwaan dan harus membayar denda kepada pemerintah.

Assange sempat mempelajari fisika dan matematika di Universitas Melbourne. Selain itu, dia juga mempelajari filosofi  dan neurosains. Assange dikenal sebagai pribadi yang penuh semangat, ambisius, dan sangat cerdas, dengan kemampuan luar biasa untuk memecahkan kode-kode komputer. Oleh sebab itu, Assange bekerja sebagai perancang program perangkat lunak  yang mengatur keamanan komputer di Australia dan luar negeri pada tahun 1990-an.

Tidak hanya itu, pada tahun 1997, dia ikut menciptakan Rubberhose deniable encryption, suatu sistem kriptografi yang dibuat untuk pekerja hak asasi manusia untuk melindungi data sensitif di lapangan dan dia juga menjadi salah satu tokoh kunci dalam gerakan pembebasan perangkat lunak. Selama 3 tahun terakhir, Julian Assange mendapatkan beberapa penghargaan yaitu Economist Index   of Censorship Award (2008), Amnesty International UK Media Award (2009) dan Sam Adams Award (2010).

Namun, ia sempat di tahan karena tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap dua orang wanita. Saat ini Julian menjadi buruan polisi karena telah membocorkan dokumen-dokumen rahasia negara.

Biografi

Nama Lengkap: Julian Paul Assange
Tempat, tanggal lahir: Townsville, Queensland Australia, 3 Juli 1971
Kewarganegaraan: Australia
Pekerjaan: Pemimpin redaksi dan juru bicara WikiLeaks
Anak: Daniel Assange
Penghargaan : Economist Index   of Censorship Award (2008), Amnesty International UK Media Award (2009) , Sam Adams Award (2010)

Sumber : http://www.wikipedia.org


Oleh:
Reynita Hutami A (Mahasiswa HI UMY ‘10)

Tulisan ini telah dimuat pada IRN Mading Edisi Januari 2011 Hal. 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s