Tips Kesehatan Menghadapi Cuaca Ekstrim

Beberapa waktu terakhir Jogja memiliki kondisi cuaca yang kurang baik, pergantian panas di siang hari yang sangat menyengat menjadi hujan yang deras  dalam jangka waktu yang lama. Hal itu menyebabkan  dampak yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat, terutama masyarakat Jogja.  Jogja yang awalnya adalah kota “super sibuk” dengan berbagai aktifitasnya harus melawan rintangan perubahan cuaca ekstrim setiap harinya.

Pergantian cuaca secara tak menentu menyebabkan  pengaruh yang besar  terhadap daya tahan tubuh. Dapat kita lihat hingga saat ini masih banyak “korban” yang timbul akibat keadaan ini, seperti batuk pilek, sakit kepala,meriang,dan berbagai macam penyakit lainnya. Hal ini dapat dicegah dengan hal sebagai berikut :

Pertama, konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Kedua, istirahat yang cukup. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur 6-8 jam sehari, memberikan tubuh kita istirahat yang cukup. Gunakan waktu istirahat se efektif mungkin.

Ketiga, sempatkan diri untuk berolahraga. Usahakan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit. Pilih olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki berkeliling kompleks.

Keempat, kelola stress dengan baik. Dewasa ini sangat sulit untuk menghindari stress. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

Kelima, konsumsi suplemen yang tepat. Vitamin C, Zinc, dan Echinachea adalah sebagian dari suplemen yang telah dibuktikan mampu mendongkrak daya tahan tubuh kita. Pilih suplemen yang tepat dan minumlah sesuai kebutuhan kita.
Keenam, kurangi minum minuman dingin dan perbanyak minum air putih (suhu normal) minimal 8 gelas sehari.


Oleh:
Ary Aulia F (Mahasiswa HI UMY ‘09)

Tulisan ini telah dimuat pada IRN Mading Januari 2011 Edisi 5 Hal. 2 , dengan judul “Dampak Peralihan Cuaca Ekstrim di Yogyakarta Terhadap Kesehatan Serta Upaya Pencegahannya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s