8 Mahasiswa HI UMY mengikuti ILFRIP 2011 di Thailand

Yogyakarta , Kabar HI – Berbicara masalah Organisasi kawasan, ASEAN merupakan salah satu organisasi yang cukup disegani dalam pergaulan Internasional. Dengan anggota mencapai 10 negara, ASEAN memiliki kesolidan yang cukup kuat. Ditambah dengan akan bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ASEAN, membuat organisasi semakin disegani.

Salah satu agenda terpenting dari ASEAN adalah membangun ASEAN Community yang telah dirintis pada tahun 2008 dan akan dilaksanakan sepenuhnya pada 2015. Ini berarti “People to People Connect” adalah bagian penting dalam masyarakat ASEAN nantinya. Lebih lanjut bahwa hubungan personal antar warga negara dalam komunitas ASEAN ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk membuat pemahaman bersama diantara keduanya. Salah satu perwujudannya adalah dengan pertukaran budaya antar negara ASEAN.

ASEAN Youth Friendship Network, sebagai sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pemuda dan budaya diantara negara-negara ASEAN menyelenggarakan berbagai program pertukaran Mahasiswa. Satu diantaranya adalah Inter-cultural Learning and Friendship Program (ILFRIP) yang mengambil lokasi di Thailand.

Dalam program ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diwakili oleh 8 mahasiswa yaitu Andi Azhar (HI ’08), Sari Mutiara Aisyah (HI ’08), Vidya Manggiasih (HI ’07), Adli Hazmi (HI ’09), Bella Nova (HI ’09), Ramadhani Rahmi (HI ’09), Muthmainnah Sabadar (HI ’06) dan Puspita Arisandi (HI ’06). Sedangkan peserta lainnya ada yang berasal dari Universitas Islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjajaran.

Perguruan Tinggi yang menjadi “partner” dalam program ini adalah Bangkok University. Pada program ini peserta akan belajar mengenai bahasa dan budaya Thailand yang langsung akan diterapkan pada host family yang telah ditentukan oleh panitia.

Selain itu, peserta juga akan belajar satu tarian adat Thailand. Tak kalah untuk ujuk gigi, para peserta dari Indonesia yang membawakan beberapa tarian tradisional dari Indonesia. Diantaranya adalah Tari Saman Aceh, Tari Mataraman Yogyakarta, dan satu tarian khas Jawa Tengah. Pementasan akan dilaksanakan di Aula Bangkok University dengan disaksikan oleh Mahasiswa Bangkok University, Para pejabat teras Bangkok University serta perwakilan Indonesia di Thailand.

Harapannya dengan adanya program ini adalah tercipta pemahaman diantara kedua bangsa mengenai budaya dan kearifan lokal masing-masing, sehingga mengurangi adanya “gesekan” antar kedua bangsa yang sangat besar potensi terjadinya. Program ini sendiri akan berlangsung selamadari tanggal 6 Februari 2011 hingga 13 Februari 2011. (andi.azhar)

baca juga : Info dari AYFN mengenai ILFRIP 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s