Diskusi Ringan "Dampak Runtuhnya Rezim Ben Ali terhadap Timur Tengah"

Dewasa ini kata pendidikan mulai mengalami perluasan makna. Pendidikan bukan lagi dipandang sebagai sesuatu yang kaku dan harus dilakukan didalam ruangan tertutup dengan formasi ada pengajar dalam hal ini guru dan ada yang di beri pelajaran dalam hal ini murid. Proses pendidikan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Proses pendidikan semacam itu lazim disebut pendidikan Informal atau pendidikan non-formal. Salah satu contoh pendidikan non-formal adalah dengan melakukan diskusi tanpa ada garis pembatas antara pengajar dan yang diajar.

Terkadang mahasiswa merasa bahwa mendapatkan materi dari dosen saja tidaklah cukup. Kaum intelektual muda perlu wadah untuk saling bertukar pikiran serta belajar mengahargai pendapat dan pemikiran yang lain.

Sebagai upaya menyalurkan pemikiran – pemikiran kritis mahasiswa, maka Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY secara berkala berencana mengadakan diskusi ringan, yang mana didalamnya terdapat presentator yang kompeten dibidangnya serta dipandu oleh seorang moderator. Dalam acara ini, mahasiswa berhak secara terbuka menyampaikan gagasan – gagasan mereka dan memberikan counter terhadap gagasan mahasiswa yang lain.

Tentunya teman – teman mahasiswa masih bingung dengan apa yang sesungguhnya terjadi di Mesir ? atau ingin tahu seberapa revolusionerkah krisis di Tunisia dan pengaruhnya bagi dunia barat, anda dapat mengikuti diskusi ringan Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY dengan tema “Dampak runtuhnya rezim diktator Tunisia, Zine Al-Abidine Ben Ali, terhadap Mesir, Yaman dan negara Arab lainnya“. Diskusi akan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2011 pukul 14.30 WIB , bertempat di Lantai Dasar Masjid UMY.

Acara ini akan diawali dengan pembacaan materi oleh presentator dan dilanjutkan dengan penyampaian gagasan oleh para mahasiswa. Diskusi ini akan memperluas pemikiran mahasiswa terhadap suatu kasus dan melatih teman – teman menerima gagasan pihak lain dengan tangan terbuka. Hal tersebut sesuai dengan apa yang dikatakan salah satu sastrawan terbaik Indonesia, Pramoedya Ananta Toer ,”bahwa seorang terpelajar harus juga berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan”.

Apakah acara ini memungut bayaran ? Tentu saja tidak , acara ini GRATIS bagi anda yang mempunyai pemikiran – pemikiran kritis serta gemar berwacana. Jangan lupa datang dalam dskusi ringan kali ini ! sampai jumpa ! Mari berwacana, mari berbagi pengetahuan! Salam Mahasiswa HI! (syifa)

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Koor Diskusi atas nama Syifa di no 085643825582.

Tulisan ini telah dimuat pada SpontaNews yang terbit pada 08 Februari 2011 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s