8 Mahasiswa HI UMY mengikuti IVED di UNHAS

Hasrat berkompetisi dalam debat bahasa Inggris memotivasi delapan orang delegasi dari UMY  berangkat ke kota Anging Mammiri Makassar untuk mengikuti perhelatan debat dalam event Indonesian Varsities English Debate . Event ini diadakan dari tanggal 21 sampai 26 Januari 2011 . Delapan orang delegasi ini terdiri dari 2 tim debat dan 2 adjudicator (tim penilai) .

Perhelatan IVED 2011 ini digelar di Universitas Hasanuddin Makassar yang merupakan tuan rumah event tahunan ini. Setelah sebelumnya (2010) ITB menjadi tuan rumah , dan pada tahun 2009 UMY pun berkesempatan menjadi tuan rumah .

IVED 2011 kali ini diikuti 50 universitas yang terdiri dari : UMY , BINUS , UI , ITB , UKSW , UAJ , UNPAR , UNHAS , UGM , ISI Surakarta , ITATS , PNUP , IPB , UNNES , UNDIP , UMM , TEKNOKRAT , UNSOED , UII , UNY , POLSRI , STAN , UNDANA , UAD , UIN MALIKI Malang , UAJY , Amikom Yogya , UNPAD , LP3I Medan , LSPR , UNLAM , UNISKA , USD , IM Telkom , UM , UNTAD , USU , UNS , UNTIRTA, UNEJ, UNM, UNTAR , UDINUS , UB , UMS , UNSRI , UBD , STAIN Jember .

Adapun delapan delegasi dari UMY terbagi atas dua tim yakni : UMY A dan UMY B , dan tiap tim terdiri dari 3 orang delegasi . Adapun delegasi UMY A beranggotakan : Omi Ongge , M. Fajar Wiharta , dan Atina Rosydiana . Sedangkan UMY B : Masyitoh Annisa Ramadhani , Witari Fadhillah , dan Akhmad Rifky S.A. Ditambah dengan 2 adjudicator yakni : Dhana N. Kotahatuhaha , dan Mutiara Putri P.

Format yang digunakan dalam IVED 2011 adalah Australasian Parliamentary. Pertandingan dalam kompetisi ini dibagi menjadi babak penyisihan dan babak eliminasi. Sistem untuk babak penyisihan menggunakan sistem break and slide untuk meningkatkan tingkat kompetisi antar tim dan untuk membuat tim yang lolos ke babak eliminasi memiliki kualitas yang diharapkan rata.

Menurut penuturan Dhana yang turut menjadi delegasi UMY , penyisihan debat ini berlangsung selama dua hari dengan 6x pre-elimination . Dengan hasil pertandingan tim UMY A menang 3x sedangkan UMY B 2x . Dengan hasil demikian tim UMY B harus tersisih dan tidak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya .

Hal yang patut dibanggakan yakni , tim UMY A dapat melanjutkan ke semifinal setelah melalui novice break . Namun, di babak semifinal UMY A dikalahkan oleh tim Univ.Brawijaya yang mengandaskan peluang UMY A masuk ke babak final .

IVED 2011 kali ini dimenangkan oleh UGM A disusul di posisi runner-up dari UI B . Dua delegasi adjudicator UMY pun meraih akreditasi C yakni Dhana dan Mutiara setelah melalui tes tertulis dan wawancara sebagai adjudicator.

Walau demikian apresiasi kampus (UMY) patut kita hargai dengan memberikan akomodasi kepada para delegasi debat di IVED 2011 . Para delegasi bersyukur mendapatkan bantuan akomodasi dari kampus selama di Makassar , walaupun mereka harus membeli tiket sendiri tetapi tentunya di IVED 2011 menjadi pengalaman berkesan bagi mereka .

Dapatkan informasi mengenai IVED 2011 di halaman Facebook IVED 2011 dan di Blog IVED 2011. (fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s