Diklat Penelitian 2011 : Kembangkan Minat Mahasiswa HI dalam Bidang Penelitian

Prestasi mahasiswa UMY, terutama mahasiswa HI UMY lebih cenderung ke bidang bakat, sedangkan dalam bidang akademik, termasuk penelitian, masih kurang. Begitulah kira-kira ucapan Ketua Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Sugeng Riyanto, S.IP, M.Si. dalam sambutan pembukaan Diklat Penelitian KOMAHI UMY pada hari Senin, 7 Februari 2011 yang bertempat di Ruang Sidang Fisipol.

Untuk itulah KOMAHI UMY menyelenggarakan Diklat Penelitian ini dengan tujuan menambah wawasan dan membangkitkan minat mahasiswa HI UMY dalam bidang penelitian. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB yang dibagi dalam dua sesi, sesi pertama membahas teknik pembuatan proposal penelitian yang dipresentasikan oleh Isnaini Mualidin S.IP dari LP3M UMY dan sesi kedua Ade Ma’ruf Wirasenjaya S.IP , dosen HI UMY dengan bahasan Menulis Riset HI : Sebuah Pengalaman Pembimbingan . Acara ini dipandu oleh Achmad Zulfikar, dihadiri pula oleh Ketua KOMAHI UMY Hadi Sutrisno dan Ketua Divisi Penelitian KOMAHI UMY Harri Fajri.

Sebagaimana yang telah diutarakan oleh Isnaini Mualidin S.IP, penelitian yang baik adalah penelitian yang practice oriented atau yang berorientasi pada praktek, karena panduan untuk membuat proposal misalnya, sangat mudah untuk kita dapatkan, baik dari buku-buku panduan maupun mengunduh dari internet. Jadi yang terpenting adalah bagaimana kita mengaplikasikannya dalam kehidupan masing-masing.

Selain itu, dari penelitian kita juga mendapat setidaknya dua keuntungan yang diperoleh, yaitu menambah ilmu pengetahuan dan nilai ekonomi, mengingat biaya yang dianggarkan berbagai institusi untuk penelitian tergolong besar.

Diklat Penelitian dilanjutkan tepat pukul 13.00 WIB dengan pemateri sesi kedua Ade M. Wirasenjaya . Dalam presentasinya , pak Ade memberikan kepada peserta gambar mengenai penelitian dalam bentuk skripsi , tesis , maupun disertasi beserta esensi dari masing – masing penelitian ‘wajib’ ini . Tak lupa pak Ade memberikan contoh – contoh penulisan judul yang tepat untuk skripsi jurusan HI .

Seringkali mahasiswa bingung memilih topik atau judul yang tepat untuk skripsinya , dan masih banyak kecendrungan lain yang menyebabkan mahasiswa kurang bersemangat dalam ‘menggarap’ skripsinya . Pak Adde pun memberikan gambaran mengenai penyusunan skripsi yang berfokus pada judul kemudian diinterpretasikan pada setiap bab dalam skripsi .

Pada akhir presentasinya pak Ade berpesan agar memilih teori yang paling diminati sedini mungkin . Dikarenakan teori / aliran yang akan dipergunakan pada tesis , akan mempengaruhi perspektif atau pandangan kita terhadap problem atau masalah yang akan diteliti pada masterpiece skripsi kita . (ragil/fikar)

klik link : Download Materi Diklat Penelitian 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s