Mundurnya Hosni Mubarak dan Reaksi di Berbagai Belahan Dunia

Setelah hampir tiga pekan berunjuk rasa, para demonstran yang terus berkumpul di at-Tahrir Square Mesir akhirnya bersorak gembira. Presiden Hosni Mubarak resmi mundur. Pernyataan ini disampaikan Wakil Presiden Omar Suleiman di televisi nasional Mesir, Jumat (10/2). Pernyataan mundur Mubarak ini langsung disambut meriah ribuan pengunjuk rasa di Tahrir Square dan sejumlah pelosok Mesir lainnya. Sementara itu, Mubarak dikabarkan meninggalkan Kairo menuju Sharm el-Sheikh. Kekuasaan, seperti dilansir APTN, selanjutnya diserahkan ke militer.

Lalu kemanakah Hosni Mubarak ?

Sebelum pernyataan mundur yang disampaikan oleh Omar Suleiman, diketahui bahwa Hosni Mubarak dan keluarganya meninggalkan Kairo, Jumat, kata satu sumber pemerintah kepada AFP, dan seorang juru bicara partai berkuasa mengatakan bahwa ia kini berada di Sharm el-Sheikh. “Mubarak meninggalkan Kairo bersama seluruh keluarganya,” kata sumber itu. “Ia berada di Sharm el-Sheikh,” kata juru bicara Partai Demokratis Nasional Mohammed Abdellah kepada AFP. Kepergiannya ke Sharm el-Sheikh, sebuah kota pesisir Laut Merah dimana ia memiliki sebuah tempat tinggal.

Reaksi atas Mundurnya Hosni Mubarak di Berbagai Belahan Dunia

Amerika Serikat : — Wakil Presiden Joe Biden mengatakan perubahan kekuasaan di Mesir adalah “penting” saat dalam sejarah untuk negara dan Timur Tengah. Transisi di Mesir harus menjadi salah satu perubahan “irreversible” katanya. – Presiden Barack Obama untuk menyampaikan pernyataan di Mesir pada 1:30 pm EST.

Uni Eropa : – “Uni Eropa menghormati keputusan Presiden Mubarak hari ini Dengan berdiri mengundurkan diri, ia telah mendengarkan suara dari rakyat Mesir dan telah membuka jalan untuk reformasi lebih cepat dan lebih dalam,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton. “Hal ini penting sekarang bahwa dialog ini dipercepat menuju pemerintahan berbasis luas yang akan menghormati aspirasi, dan memberikan stabilitas bagi, orang-orang Mesir.” Masa depan Mesir berada di tangan orang Mesir itu sendiri . Uni Eropa menyatakan siap untuk membantu dengan sebisa mungkin.”

Liga Arab: – “Saya berharap untuk masa depan untuk membangun konsensus nasional di masa yang akan datang Ada kemungkinan besar sekarang dan kesempatan telah dibuka setelah ini revolusi putih dan setelah konsesi presiden,.” Sekretaris Jenderal Mesir untuk Liga Arab, Amr Moussa, Al Arabiya televisi. Ketika ditanya apakah ia tertarik menjadi presiden, ia berkata: “Ini bukan waktu untuk berbicara tentang itu … Sebagai warga negara Mesir, saya bangga melayani negara saya dengan semua yang lain pada tahap ini, untuk membangun konsensus pendapat. ”

Israel : – “Masih terlalu dini untuk memperkirakan bagaimana (pengunduran diri) akan mempengaruhi hal,” kata seorang pejabat senior Israel. “Kami berharap bahwa perubahan menuju demokrasi di Mesir akan terjadi tanpa kekerasan dan bahwa kesepakatan damai akan tetap.”

Gaza: – “Pengunduran diri Presiden Mesir Hosni Mubarak adalah awal dari kemenangan revolusi Mesir,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri. “Seperti kemenangan adalah hasil dari pengorbanan dan ketekunan orang-orang Mesir,” katanya. “Kami menyerukan kepemimpinan Mesir baru untuk mengambil keputusan segera untuk mengangkat blokade Gaza dan membuka Rafah (perbatasan) penyeberangan permanen untuk memungkinkan pergerakan bebas orang-orang dan agar proses rekonstruksi Gaza untuk memulai,” kata Abu Zuhri.

Tulisan ini telah dimuat pada SpontaNews KOMAHI UMY yang diterbitkan pada 12 Februari 2011 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s