Sekolah Menulis : Menguak Rahasia Menulis di Media Massa

Media massa merupakan tempat mengemukakan gagasan kritis dan dilihat oleh publik . Berbagai macam karakteristik seseorang dapat dilihat dari tulisannya , karena tulisan mencerminkan pribadi seseorang . Namun bilamana seseorang tidak mampu menunjukkan pribadinya melalui tulisan , maka perlu langkah – langkah untuk menciptakan gagasan dan idealisme yang akan ditunjukkan pada tulisan anda .

Acara ini diselenggarakan oleh Divisi Pers Mahasiswa Korps Mahasiswa Hubungan Internasional . Sekolah menulis dibagi tiga sesi yang terdiri atas pemaparan materi , diskusi , dan latihan . Sekolah Menulis untuk pertemuan I ini diadakan pada 17 Februari 2011 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi UMY . Dengan tema “Menguak Rahasia Menulis di Media Massa” dan pembicara dari Wartawan Senior Kedaulatan Rakyat bapak Krisno Wibowo didampingi oleh Achmad Zulfikar selaku moderator.

Pada sekolah menulis kali ini dibahas mengenai peran aktif mahasiswa di kampus dalam mengekspresikan responnya terhadap perkembangan yang terjadi di lingkungannya (kampus) . Salah satunya adalah melalui tulisan di media massa.

Mengapa di media massa? Karena media massa memiliki fungsi untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan kritis mahasiswa kepada khalayak pembaca (publik), sehingga pemikiran-pemikiran tadi dapat tersosialisasikan. Publikasi tadi dapat menggalang pembentukan opini publik. Dan, opini publik dapat mempengaruhi pengambilan keputusan/kebijakan pada level-level tertentu, sesuai dengan gaung dan dampak dari ketajaman tulisan tadi.

Di sisi lain, keterampilan mahasiswa untuk menulis selain dapat berdampak sosial, juga dapat berguna untuk dirinya sendiri. Kebiasaan menulis dapat melatih mahasiswa untuk berpikir runtut, sistematis, dan mendokumentasikan gagasan dan pemikirannya melalui tulisan. Sehingga, setiap gagasan yang mucul, tidak hilang dengan sia-sia begitu saja.

Disamping itu gagasan mahasiswa pun harus berlandaskan realitas sosial , dan analisis fakta . Kedua hal ini merupakan titik awal mahasiswa dalam mengembangkan tulisan dan gagasan , disamping itu sebagai prasyarat untuk mengembangkan opini di media massa.

Setelah menemukan dan menentukan gagasan kita , maka tahap selanjutnya memulai untuk mengidentifikasi isu , isu ini dapat berupa isu – isu aktual seperti : hukum , sosial , budaya , politik , seni , olahraga , kesehatan dan lainnya . Kemudian setelah isu , maka persoalan dari isu tersebut di identifikasi . Setelah itu barulah menentukan topik dan membuat outline , untuk topik tentunya melibatkan investigasi lebih lanjut terhadap persoalan dan isu yang diangkat , sehingga ditemukan awal mula persoalan tersebut terjadi , barulah disusun secara runtut pada outline tulisan anda .

Hal yang disinggung pada sekolah menulis kali ini , menyangkut struktur penulisan . Menurut pemaparan oleh pak Krisno , struktur yang baik yaitu judul , pengantar , isi , dan kesimpulan . Sehingga pembaca lebih cepat paham hal yang ingin disampaikan oleh penulis artikel .

Setelah pemaparan materi , diadakan diskusi antara pak Krisno dan peserta SM . Setelah diskusi dan tanya jawab maka dilanjutkan dengan demo menulis . Pada demo menulis ini para peserta menerapkan langkah – langkah yang telah dipaparkan oleh pak Krisno .

Dan pada akhir pertemuan SM ini hampir semua peserta bisa membuat tulisan . Hal ini membuktikan bahwa menulis memerlukan keberanian . Setelah acara selesai dilanjutkan penyerahan plakat dari ketua Divisi Pers Mahasiswa KOMAHI UMY kepada bapak Krisno Wibowo. (fikar)

Download Materi : Menulis Artikel / Opini di Media Massa (Krisno Wibowo)
Publikasi foto : Album Sekolah Menulis Pertemuan I (17 Februari 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s