Bakti Sosial KOMAHI UMY "Semangat Maulid Nabi berbagi Bersama KOMAHI"

Dalam suasana maulid Nabi , KOMAHI UMY kembali mengadakan bakti sosial yang bertemakan “Semangat Maulid Nabi berbagi Bersama KOMAHI” , bakti sosial ini dilaksanakan pada 20 Februari 2011 bertempat di Pantai Asuhan Muhammadiyah “Ahmad Sudjari” Girimulyo , Kulonprogo.

Mengangkat tema Maulid Nabi , panitia merancang acara untuk menanamkan nilai – nilai suri tauladan kepada Nabi Muhammad SAW . Acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB bertempat di halaman Panti Asuhan Ahmad Sudjari . Dengan dipandu MC Fikar dan Apris acara Bakti Sosial dibuka .

Sambutan pertama disampaikan oleh Hadi Sutrisno selaku ketua KOMAHI UMY yang menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan dari pihak panti asuhan yang sangat baik . Dilanjutkan sambutan kedua oleh Koordinator Panti Asuhan Ahmad Sudjari yakni bapak Wahid Muhadi yang juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan kawan – kawan dari KOMAHI UMY untuk datang ke panti asuhan ini .

Setelah acara pembukaan , anak – anak Panti Asuhan beserta murid dari TPA menuju ke mesjid Al – Hidayatun Mustafidin untuk mengikuti tiga rangkaian lomba , yakni lomba Qiroah , Dai Cilik , dan LCT ( Lomba Cerdas Tepat ). Pukul 09.30 WIB lomba dimulai , lomba untuk sesi ini yakni Qiroah dan Dai Cilik .

Lomba Qiroah diikuti oleh 5 orang peserta yang menunjukkan kemampuannya dalam membaca Al – Qur’an secara tartil . Para peserta Qiroah dinilai oleh 3 orang dewan juri , yakni Hadi Sutrisno , Helmi Abdul Karim , dan Novi Rizka A. Tentunya para dewan juri telah berkompeten dibidangnya , dan tentunya dapat menilai secara objektif terhadap para peserta .

Di lokasi yang sama namun di tempat yang berbeda , dilangsungkan juga lomba Dai Cilik yang diikuti 10 orang peserta yang terdiri dari anak – anak yang umurnya berkisar 7 – 10 tahun . Peserta Dai Cilik ini menunjukkan kebolehannya dalam berdakwah . Di lomba Dai Cilik ini bertindak sebagai dewan juri adalah Sari Mutiara Aisyah dan Sutrisno Triantoro .

Setelah para Qory dan Dai menunjukkan kebolehannya , maka lomba dilanjutkan dengan LCT yang diikuti oleh tiga tim yang terdiri dari tiga orang dan terbagi atas Tim A , Tim B , dan Tim C . Dalam LCT kali ini mempunyai sistem penilaian , babak pertanyaan wajib , pertanyaan rebutan , dan pertanyaan poin 200 . Dewan juri lomba LCT terdiri dari Aida Tasyha R.A. , Ericksa Gutama , dan Ragil Rizky Rachman , dengan pembaca soal Denni Nilson dan pencatat skor Diana Syifa A.

Pertandingan LCT berjalan dengan lancar , pertanyaan LCT berkisar seputar riwayat hidup Nabi Muhammad SAW , dari lahirnya beliau hingga perjalanan dan sifat – sifat beliau diajukan kepada peserta LCT . Perolehan skor terakhir Tim A 1540 poin , Tim B 2060 poin , dan Tim C 600 poin . Dengan demikian lomba LCT dimenangkan oleh Tim B .

Setelah tiga lomba berakhir , tiba saatnya untuk menentukan pemenang dari masing – masing lomba . Lomba Qiroah dimenangkan oleh Fitrianan Sholihah (Juara I) , dan Dwi Febriyani (Juara II) , lomba Dai Cilik dimenangkan oleh Siti Mutiah Fitriana (Juara I) , Isti Faridah Ramadhani (Juara II) , dan Siti Masyitoh Fitriani (Juara III), dan pemenang untuk Lomba Cerdas Tepat adalah Tim B (Juara I) dan Tim A ( Juara II ). Setelah pemenang diumumkan saatnya penyerahan hadiah , para peserta terlihat sumringah saat menerima hadiah . Tentunya raut kebahagiaan telah mengobati kelelahan panitia yang telah mempersiapkan bakti sosial ini semaksimal mungkin .

Di depan panti asuhan sejak pukul 10.30 WIB , Bazar Murah telah dibuka . Di acara bazar Murah ini pakaian yang telah disumbangkan oleh para donatur dijual dengan harga murah untuk warga sekitar dan kemudian hasil dari bazar murah akan disumbangkan ke panti asuhan .

Waktu menunjukkan 11.00 WIB , panitia lomba telah selesai melaksanakan tugasnya sedangkan panitia Bazar juga menutup sementara ‘lapak’-nya dan akan dibuka kembali pada pukul 12.30 WIB selepas istirahat , sholat , dan makan .

Setelah ISHOMA , acara bazar Murah dilanjutkan dan dengan pengeras suara panitia memanggil warga sekitar untuk berbelanja di bazar Murah ini . Harga pakaian yang dijual di bazar Murah bervariatif dari Rp.500 – Rp.3000 . Terlihat antusiasme warga memadati area bazar Murah di depan Panti Asuhan “Ahmad Sudjari”.

Untuk mengantisipasi warga yang berdesak – desakan di area bazar , maka panitia memberikan waktu 5 menit untuk 5 orang pembeli memasuki area yang telah dibatasi dengan tali rafiah . Melalui pengeras suara panitia memberitahukan durasi waktu kepada pembeli yang memilih pakaian pada saat bazar . Walaupun masih terlihat beberapa pembeli yang tidak sabaran untuk memilih , namun pada keseluruhan acara bazar berjalan dengan lancar .

Waktu menujukkan 15.00 WIB , bazar murah telah selesai . Warga pun sudah terlihat kembali ke rumah masing – masing dengan wajah puas telah membeli pakaian murah. Acara selanjutnya adalah olahraga Voli antara anak Panti dan Panitia di Lapangan Voli tidak jauh dari panti Asuhan . Terlihat keceriaan anak Panti yang menikmati permainan voli bersama panitia .

Akhirnya pertandingan-pun tidak bisa dielakkan lagi , tim Panitia vs tim Panitia+Anak Panti . Terjadi pertarungan yang cukup seru diantara kedua tim , tim Panitia tidak mau kalah dan terus menerus melancarkan serangan namun berkali – kali ditepis oleh tim Panitia+Anak Panti yang mempertahankan wilayahnya . Dan akhirnya pun dimenangkan oleh tim Panitia+Anak Panti .

Setelah permainan Voli berakhir , maka panitia kembali ke Panti Asuhan . Kemudian panitia dan anak panti menuju ke Mesjid untuk shalat Ashar dan sekaligus mengikuti tausyiah dari ustad Amir Syuhada . Tausyiah dari ustad Amir berbicara seputar asal mula diperingatinya maulid Nabi yang ternyata berawal dari zaman Perang Salib yang dipimpin oleh Salahuddin Al – Ayyubi . Adapun maulid Nabi diperingati untuk memompa semangat pasukan membela agama Allah ini .

Selain itu , ustad Amir juga menyampaikan empat sifat nabi Muhammad yang patut untuk diteladani dan diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari – hari yakni , Siddiq , Amanah , Fathonah , dan Tabligh . Keempat sifat beliau ini tentunya akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan yang hakiki di dunia maupun di akhirat .

Setelah acara tausyiah dari ustad Amir , acara dilanjutkan dengan penyampaian ucapan maupun sepatah kata dari ketua KOMAHI UMY dan coordinator pelaksana Panti Asuhan dan kemudian dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis souvenir dan kenang – kenangan untuk Panti Asuhan “Ahmad Sudjari” Girimulyo dan juga untuk Dukuh Jonggrangan .

Kemudian acara dilanjutkan kembali di halaman Panti Asuhan Ahmad Sudjari untuk penyerahan bantuan dana , yakni hasil dari down to earth , sumbangan donatur , dan hasil bazar . Setelah penyerahan bantuan , panitia berfoto bersama dengan anak Panti di depan panti Asuhan .

Dengan demikian berakhir sudah agenda Bakti Sosial “Semangat Maulid Nabi berbagi Bersama KOMAHI” , acara ini diharapkan dapat memberikan semangat maulid nabi kepada kita semua yang terlibat dalam acara . Dan tentunya menjadi ajang refleksi diri terhadap diri kita sehari – hari dan juga agar senantiasa mengikuti suri tauladan kita nabi Muhammad SAW. (fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s