Diskusi "Dinamika Ahmadiyah di Indonesia dan Internasional"

Setiap mahasiswa paham, bahwa mereka tidak bisa selamanya mengunci diri dalam ruangan yang sama dengan waktu relatif lama. Mahasiswa perlu meluaskan pemikiran, dan menengok ruang yang lain, atau mungkin merobohkan tembok tembok pembatas antar ruang. Salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mewujudkan hal itu adalah dengan berdiskusi. Terkadang mahasiswa tidak menyadari bahwa sesungguhnya setiap hari mereka melakukan diskusi.

Oleh karena itu, sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY akan menyelenggarakan diskusi ringan untuk yang ke tiga kalinya. Tema diskusi mungkin saja berat, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan wacana yang terasa ringan serta tetap berbobot.

Sebagai mahasiswa jurusan hubungan internasional, kita tidak hanya dituntut untuk dapat menganalisis isu isu yang sifatnya mendunia. Kita juga diharapkan mengerti apa yang sesungguhnya terjadi di dalam negeri serta sebisa mungkin berkontribusi dalam upaya penyelesaian masalah. Tidak hanya itu, kita juga dapat membuat isu yang sufatnya domestik, diwacanakan dengan sudut pandang internasional.

Seperti apa yang sudah banyak diketahui, beberapa minggu ini media massa – media massa nasional tak habis habisnya membahas konflik antar organisasi berbasis agama. Konflik Ahmadiyah. Ahmadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang secara sadar diminoritaskan oleh sebagaian besar masyarakat Indonesia karena ajaran – ajarannya dianggap menyimpang dari ajaran agama Islam.

Kontroversi Ahmadiyah di Indonesia sesungguhnya telah berlangsung cukup lama. Hanya saja kadar ledakan kontroversinya cenderung fluktuatif. Timbul tenggelam. Terkadang kita menelan secara utuh apa yang diberitakan media tanpa menganalisis akar permasalahannya, Kita perlu mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Ahmadiyah serta bagaimana Ahmadiyah masuk ke Indonesia.

Kita juga patut mengetahui bagaimana jaringan Ahmadiyah bekerja secara internasional. Tidak hanya itu, kita juga perlu mencermati apakah konflik Ahmadiyah yang baru saja terjadi di Indonesia terkait dengan jariangan internasionalnya atau tidak, Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui opini internasional tentang keberadaan Ahmadiyah.

Berdasarkan uraian di atas, jika anda berminat untuk bertukar pikiran, anda dapat mengikuti dskusi ringan Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY dengan tema “Dinamika Ahmadiyah di Indonesia dan Internasional“. Diskusi akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2011 pukul 15.00 WIB , bertempat di Lantai Dasar Masjid UMY.

Acara ini akan diawali dengan pembacaan materi oleh presentator dan dilanjutkan dengan penyampaian gagasan oleh para mahasiswa. Diskusi ini akan memperluas pemikiran mahasiswa terhadap suatu kasus dan melatih teman – teman menerima gagasan pihak lain dengan tangan terbuka.

Apakah acara ini memungut bayaran ? Tentu saja tidak , acara ini GRATIS untuk anda yang mempunyai pemikiran – pemikiran kritis serta gemar berwacana. Tidak ada salahnya untuk mengenal Pengembangan Wacana, bukan ?. Jangan lupa datang dalam dskusi ringan kali ini ! sampai jumpa ! Mari berwacana,… mari berbagi pengtahuan! Salam Mahasiswa HI! (syifa)

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Koor Diskusi Syifa di no 085643825582.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s