253 WNI berhasil dievakuasi dari Libya ke Tunisia

Tunis , IRs News – Warga negara Indonesia (WNI) yang ikut serta dalam proses evakuasi gelombang pertama dari Tripoli, Libya, telah tiba di Tunis, Tunisia, Minggu pagi 27 Februari 2011. Sedianya mereka akan tiba di Tunis pada Jumat lalu, namun tertunda karena padatnya evakuasi di bandara Tunis.

“Proses evakuasi gelombang pertama berangkat pagi ini pukul 5.05 WIB dari Tripoli dan tiba di Tunis satu jam kemudian, sekitar pukul 6.15 WIB,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Michael Tene dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Minggu 27 Februari 2011.

Pada evakuasi pertama ini, ujar Tene, terdapat 253 WNI yang turut serta di dalam pesawat Tunis Air yang telah disewa pemerintah. Mereka terdiri dari 201 pegawai PT Wijaya Karya (Wika) dan sisanya adalah mahasiswa, tenaga kerja wanita, dan tenaga profesional yang bekerja di seluruh Libya.

“Berdasarkan pembicaraan antara Menteri Luar Negeri dengan salah satu WNI yang dievakuasi, Bimo, mereka semua dalam keadaan baik, hanya sedikit lelah,” jelas Tene.

Kementerian Luar Negeri memperkirakan terdapat 875 WNI di Libya. Sebanyak 550 di antaranya bekerja di sektor formal, 130 mahasiswa, dan sisanya adalah WNI yang bekerja di sektor informal.

Sebelumnya, mereka direncanakan akan tiba di Tunis pada Jumat malam waktu setempat, namun karena padatnya proses evakuasi di bandara Tripoli, evakuasi tertunda.

“Terjadi bottle-neck di bandara Tripoli. Ribuan orang dari berbagai negara yang ingin dievakuasi memadati bandara, sementara pintu check in hanya satu,” jelas Tene.

Saat ini, para WNI yang telah dievakuasi telah ditampung di Wisma Indonesia di KBRI Tunis. Tene mengatakan bahwa persiapan untuk evakuasi gelombang kedua tengah dilakukan. “Secepatnya akan dilaksanakan,” ujar Tene.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri telah mengirimkan empat tenaga tambahan ke Tripoli untuk membantu KBRI di sana mendata dan memproses evakuasi. Tenaga tambahan diperlukan, sebab hanya terdapat empat orang di KBRI Tripoli, termasuk duta besar Indonesia. (hs)

Minggu, 27 Februari 2011, 09:53 WIB
sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/206717-evakuasi-253-wni-dari-libya-tiba-di-tunisia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s