Diskusi Mahasiswa dalam Melihat Dinamika Ahmadiyah

Diskusi Ringan KOMAHI UMY yang diadakan pada hari Jum’at (25/2) kemarin mengangkat tema “Dinamika Ahmadiyah di Indonesia dan Internasional”. Diskusi yang juga rutin dilaksanakan untuk seluruh mahasiswa Hubungan internasional ini membicarakan tentang Ahmadiyah, yang di satu sisi merupakan bagian dari komunitas sosial masyarakat Internasional. Akan tetapi di sisi lain, Ahmadiyah juga telah menistakan ajaran Agama Islam di seluruh dunia dengan menganggap bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Rasul setelah Muhammad.

Diskusi tersebut melihat sisi lain kasus Ahmadiyah yang telah ada sejak lama dan tersebar ke negara-negara muslim. Dalam kasus konflik Ahmadiyah di Indonesia, pemateri menyampaikan banyak hal yang menarik tentang Ahmadiyah dan membawa diskusi yang diikuti segenap mahasiswa Hubungan Internasional itu menjadi sangat aktif dan akademis.

Dari diskusi tersebut ditarik kesimpulan, “Sebagai umat Muslim kita tidak boleh sekedar ikut-ikutan melawan Ahmadiyah, akan tetapi kita juga harus melihat kedalam diri kita tentang keislaman itu sendiri” Ringkas Siddiq, selaku mahasiswa HI UMY 2008 sekaligus pemateri diskusi, menyimpulkan.

Untuk teman-teman yang belum bisa mengikuti diskusi tersebut, masih ada diskusi-diskusi selanjutnya, yang akan membahas topik yang lebih menarik dan faktual. Diskusi ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu, juga melatih diri kita dalam menganalisa kasus dan menyampaikan pendapat. Waktu dan tempat Diskusi Ringan selanjutnya akan diberitahukan lebih lanjut (Trisno)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s