Komentar Mahasiswa : Apa yang anda ketahui tentang Imlek ?

Saya senang dengan adanya perayaan tahun baru Imlek di Indonesia karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, seperti tahun baru Imlek yang merupakan kebudayaan masyarakat Tionghoa yang diperingati setiap tahunnya. Perayaan tersebut sah-sah saja dilakukan, asalkan tetap pada koridornya dan tidak merusak rasa nasionalisme kita. Kita juga belajar untuk saling menghargai dan menghormati kebudayaan lain. Karena bagaimanapun, masyarakat Tionghoa merupakan bagian dari kita, masyarakat Indonesia.
(Dwi Nur Laila Fithriya, Mahasiswa HI ’08)

Perayaan Imlek tahun 2011 sangat ramai dengan aneka boneka dan pernak-pernik kelinci. Masyarakat Tionghoa menghiasi rumah mereka dengan aneka asesoris kelinci yang juga menarik minat masyarakat luas. Sehingga banyak toko yang menjual kipas, kartu ucapan , lampion dan lainnya yang berbentuk kelinci yang dijual hingga jutaan rupiah. Ada pula turnamen barongsai di Central Park pada Januari kemarin. Rasanya saat ini seluruh masyarakat dapat menikmati kemeriahan Imlek pada tahun kelinci ini.
(Sekar Arum, Mahasiswa HI ’09)

Sepengetahuan saya, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki populasi orang-orang Tionghoa terbanyak. Karena itu, saat tanggal kelima belas pada bulan purnama, banyak orang yang merayakannya di berbagai lokasi; mereka menghabiskan waktunya dengan bermain kembang api, bersembahyang, dan pertunjukan-pertunjukan. Meski banyak orang Cina di negeri ini, perayaan tersebut juga dinikmati oleh ras lain. Saya pun pernah bergabung dalam acara yang diselenggarakan pada Imlek.
(Moh.Edwin Nur Ghozali , mahasiswa HI ’10)

Tulisan ini telah dimuat pada IRN Mading Edisi 6 , Februari 2011 . Hal. 2. Pada tajuk Komentar Mahasiswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s