Liga Arab tolak Intervensi Asing di Libya

IRs News , Kairo – Para menteri luar negeri Liga Arab bertemu di Kairo, Mesir, Rabu (2/3). Mereka akan membicarakan rancangan resolusi penolakan terhadap intervensi militer asing di Libia. Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Ben Helli, seperti dikutip Reuters.

“Liga Arab, pada tingkatan delegasi permanennya pada Selasa memperkenalkan sebuah resolusi yang akan diserahkan kepada para menteri luar negeri dalam pertemuan itu untuk menolak segala bentuk intervensi militer asing di Libia,” kata Ben Helli.

Terkait krisis politik di Libia, Ketua Liga Arab Amir Moussa pada pekan silam telah meminta kekerasan di negeri tersebut segera diakhiri, seraya menyebut keinginan warga Arab untuk perubahan adalah sah. Ia juga meminta pihak-pihak berselisih menggelar dialog, bukan berkonfrontasi.

Pertemuan tingkat menteri luar negeri pada hari ini tersebut diharapkan akan memperkuat kutukan liga tersebut terhadap pemimpin Libya Muammar Khadafi. Namun, rancangan resolusi tersebut akan menegaskan “persatuan dan integritas tanah air Libya”.

Liga Arab pun telah membekukan partisipasi utusan Libia di badan regional yang berbasis di Kairo itu. Ini sebagai kutukan terhadap aksi kekerasan yang digunakan pasukan Khadafi guna menangkal demonstrasi.

Kemarin, para pejabat tinggi pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO belum menyetujui intervensi militer di Libia. Hanya saja, penentuan zona larangan terbang akan diberlakukan jika terjadi kesulitan yang “luar biasa”.

“Tidak ada kebulatan suara di dalam NATO untuk penggunaan kekuatan bersenjata,” kata Menteri Pertahanan Robert Gates dalam konferensi pers bersama dengan pejabat tinggi militer AS, Laksamana Mike Mullen, seperti dikutip AFP.

Sehari sebelumnya, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengumumkan pemindahan armada angkatan laut dan udaranya ke posisi sekitar Libia. Negara-negara Barat juga sempat mempertimbangkan kemungkinan intervensi terhadap rezim Muammar Khadafi

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20110302/twl-liga-arab-tolak-intervensi-asing-ae8c13d.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s