Pengguna Internet di Dunia Capai 1 Miliar Orang

Berapa jumlah pengguna internet di seluruh dunia? Hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Dari sekitar 6,75 miliar populasi penduduk dunia hingga tahun 2009, sebuah firma penelitian, comScore melaporkan pengguna internet telah melebihi satu miliar orang.

“Jumlah pengguna internet yang melebihi satu miliar orang merupakan hal penting dalam sejarah internet,” ujar CEO comScore Magid Abraham seperti dilansir AFP, Minggu (25/1/2009). Kepastian jumlah satu miliar itu, diperoleh comScore pada Desember 2008.

ComScore juga menyatakan jika pengguna internet terbesar adalah orang-orang berusia 15 tahun ke atas. Dominasi penggunaan internet oleh orang-orang berusia 15 tahun ke atas kebanyakan dilakukan di komputer pribadi atau komputer perusahaan.

Sedangkan mengenai wilayah, comScore mengungkapkan jika kawasan Asia-Pasifik mendominasi sekira 41 persen dari jumlah pengguna internet secara keseluruhan itu. sedangkan Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Latin berada di urutan berikutnya dengan 28,18, dan 7 persen.

Berdasarkan negara, China merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar, di mana 180 juta warganya adalah pengguna internet. Amerika Serikat hanya berada di urutan kedua dengan 163 juta pengguna, disusul Jepang dengan 60 juta.

Tulisan ini telah dimuat pada rubrik International News pada IRN Buletin Edisi 22 , Februari 2009 hal.9 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s