Diskusi Pro – Kontra Resolusi PBB atas Libya

Konflik yang terjadi di Libya telah berlangsung selama sebulan , namun belum ada tanda – tanda akan mereda . Bahkan perseteruan antara kelompok yang pro dan kontra akan khadafy (pemimpin Libya) kini kian memuncak .

PBB sebagai lembaga internasional pun turun tangan untuk menengahi konflik yang memanas di Libya ini . Salah satu tindakan dari PBB yakni memberlakukan zona larangan terbang yang mulai berlaku sejak 18 Maret 2011 .

Keputusan ini diambil setelah 10 dari 15 negara anggota DK PBB memberikan suara untuk mendukung resolusi tersebut, sementara China, Jerman, India, dan Brasil, tidak memberikan suara. Resolusi tersebut disponsori oleh Prancis, Inggris, Lebanon, dan keputusan terakhir berada di pihak Amerika Serikat (AS). (okezone.com)

Setelah pemberlakuan resolusi tersebut , serentak pasukan militer dari AS , Perancis , Inggris , dan negara sekutu lainnya bertolak ke Libya. DK PBB menginginkan gencatan senjata oleh pasukan pro – khadafi terhadap kelompok oposisi (kontra – khadafi).

Namun hal ini tidak digubris oleh Khadafy , sehingga pada 19 Maret 2011 pasukan sekutu menggempur Libya , yang menyerang gudang minyak di Libya dan wilayah Tripoli . Dikabarkan dari pihak Militer Libya sebanyak 48 orang tewas akibat serangan ini .

Hal inilah yang akan kita bincangkan pada diskusi kali ini , akankah resolusi PBB atas Libya ini akan mendorong perdamaian ataukah bahkan mengeruhkan suasana di Libya .

Maka dari itu mari ikuti diskusi ini , untuk bertukar pikiran dan membuat analisis terhadap kondisi yang kini menimpa Libya . Tema diskusi kali ini adalah “Pro – Kontra Resolusi PBB atas Libya“. Diskusi akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2011 pukul 15.00 WIB , bertempat di Lantai Dasar Masjid UMY.

Acara ini akan diawali dengan pembacaan materi oleh presentator dan dilanjutkan dengan penyampaian gagasan oleh para mahasiswa. Diskusi ini akan memperluas pemikiran mahasiswa terhadap suatu kasus dan melatih teman – teman menerima gagasan pihak lain dengan tangan terbuka.

Apakah acara ini memungut bayaran ? Tentu saja tidak , acara ini GRATIS untuk anda yang mempunyai pemikiran – pemikiran kritis serta gemar berwacana. Tidak ada salahnya untuk mengenal Pengembangan Wacana, bukan ? Jangan lupa datang dalam diskusi kali ini , yang diprakarsai oleh Divisi Pengembangan Wacana KOMAHI UMY . Jangan lupa datang , sampai jumpa dan mari berwacana .. (fikar)

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Koordinator Diskusi , Syifa di no 085643825582.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s