Sebab – Sebab Terjadinya Perang Korea

Perang adalah suatu perlakuan baik fisik maupun non fisik , antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi wilayah yang dipertentangkan. Perang mengakibatkan kesedihan dan kemiskinan yang berkepanjangan. Penyebab terjadinya perang antara lain adalah perbedaan ideologi, keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan, perbedaan kepentingan antara satu dengan yang lain, dan kemungkinan adanya perampasan sumber daya alam. Sementara yang akan kita kaji adalah tentang terjadinya perang Korea.

Perang korea adalah perang yang terjadi di sekitar tahun 1950’an antara dua saudara, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini juga disebut “proxy war” karena dimandatkan oleh Amerika Serikat, komunis Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet. Korea Utara dibantu oleh Republik Rakyat Tiongkok dengan kekuatan militernya dan Uni Soviet dengan menyediakan penasihat perang, pilot pesawat, dan juga persenjataan.

Pada tahun 1950 an, perang ini terjadi karena propaganda dan pergerakan politik RRC yang ingin mengkomuniskan negara-negara Asia Timur dan Tenggara, namun pergerakan tersebut diketahui oleh Amerika dan sekutunya.

Amerika yang mempunyai pangkalan militer di Jepang dan Filipina, berupaya agar Komunisme tidak bisa ekspansi ke Asia Timur. Namun, propaganda Komunis RRC sudah masuk ke daratan Korea melalui jalur Utara dan berhasil “mencuci otak” para pejabat di Korea Utara dan memproklamirkan tentara Korea Utara sebelum masuk ke Jepang dan Taiwan. Amerika dan sekutunya sudah berusaha menangkal pergerakan pasukan komunis Korea Utara dengan mempersenjatai pasukan Korea yang berada di daerah Selatan.Kemudian (secara tidak langsung) terjadilah perang saudara, karena Korea Utara bergerak ke Korea Selatan tanpa peringatan langsung serbu.

Akhirnya PBB menyerukan Amerika untuk turun tangan membela Korea Selatan. Hingga saat ini masing-masing daerah memproklamirkan pemisahan daerah dan disetujui menjadi negara berdaulat oleh dewan resolusi PBB. Sampai sekarang mereka masih berperang (dingin) padahal sesungguhnya perang antara Blok Timur dan Blok Barat sudah berakhir. (Nope)

sumber: http://semutcurut.blogspot.com/2010/12/sebab-trjadinya-perang-korea-by-semut.html

Tulisan ini telah dimuat pada rubrik Artikel IRN Buletin Hal. 9 Edisi 27 – Januari 2011 (tidak terbit).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s