Nigeria memilih Presiden

Negara terpadat di Afrika, Nigeria, menggelar Pemilihan Presiden pada Sabtu 16 April 2011. Pemilihan ini menjadi teka-teki apakah rakyat Nigeria bisa mempertahankan situasi damai di tengah ketegangan antara kubu Muslim dan Kristen.

Pemboman terjadi di timur laut negeri ini pekan lalu saat menggelar Pemilihan Legislatif. Sabtu pagi ini, sebuah ledakan juga terjadi di Maiduguri, meski tak ada korban.

“Pemilihan ini sangat penting,” kata Hamza Mohammed, 50, seorang wali pasar lokal di kota Katsina. “Kami ingin pemilihan berlangsung damai dan tetap seperti itu,” ujarnya.

Pemilih harus menentukan, apakah akan kembali memilih Presiden Goodluck Jonathan yang tahun lalu menggantikan Presiden Nigeria pendahulunya yang meninggal dunia. Jonathan dicalonkan kembali oleh partai berkuasa Nigeria, meski ada sejumlah calon lainnya siap mencuri suara, sehingga bisa membuat pemilihan berlangsung dua putaran untuk pertama kalinya setelah Nigeria menjadi demokratis 12 tahun lalu.

Untuk menang, Jonathan harus mendapatkan dukungan minimal dari seluruh rakyat Nigeria yang berjumlah 150 juta jiwa, sebuah sistem yang lebih rumit daripada sistem electoral college yang dipakai Amerika Serikat. Dia tak bisa menduduki kursi Presiden jika dia tidak mendapatkan minimal seperempat suara di setidaknya dua pertiga negara bagian dan ibukota.

Muslim di Nigeria mendominasi kawasan utara yang berbatasan dengan Gurun Sahara, sementara itu Kristen di kawasan selatan yang berhutan dan berawa-rawa.

Lawan-lawan Jonathan antara lain bekas pemimpin junta militer Muhammadu Buhari, yang saat memerintah dulu memburu pejabat korup meski di saat yang sama mengekang kebebasan pers. Pesaing lainnya, aktivis antikorupsi Nuhu Ribadu.

Sabtu , 16 April 2011
sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/215182-nigeria-memilih-presiden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s