Kartini di Lapangan Hijau

Kartini merupakan sosok pejuang wanita yang dikenang hingga hari ini , bahkan tiap tanggal 21 April kita memperingati hari Kartini. Setiap peringatan hari Kartini diperingati di seringkali diadakan pawai di jalan – jalan, pentas teatrikal, maupun masih banyak lagi cara kreatif untuk mengungkapkannya.

Namun kali ini pengurus dari KOMAHI UMY mengekspresikan berbeda untuk hari Kartini. Hal ini yang melatarbelakangi saya membuat tulisan “Kartini di Lapangan Hijau”. Hari ini (20 April 2011) tentunya hari yang cukup mengejutkan bagi saya, bagaimana tidak Futsal yang merupakan olahraga yang lazimnya dimainkan oleh para pria , kini dimainkan oleh para Kartini.


Anda dapat melihat foto diatas , tentunya anda dapat membandingkan antara foto A dan foto B . Mungkin bagi anda foto B sudah biasa , namun pada foto A tentunya anda dikejutkan dengan kehadiran para Kartini di tengah lapangan. Mungkin saya harus sedikit bercerita perihal terjadinya hal ini.

Awal mulanya setelah acara Futsal Tournament 2011 berakhir ternyata masih ada waktu yang tersisa untuk penyewaan lapangan, akhirnya panitia laki – laki lekas mengganti baju mereka dan masuk ke lapangan I.

Namun tidak disangka para Kartini juga tidak mau kalah dengan panitia laki – laki tersebut , mareka juga bergegas menuju lapangan II untuk turut bermain Futsal. Saya kira hanya main-main , namun ternyata mereka ‘serius’ untuk bertanding satu sama lain.

Kedua tim Kartini ini bermain dengan serius , keringat mulai mengucur membasahi pipi mereka pada menit ke 25 . Namun tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap melanjutkan pertandingan , dan akhirnya Kartini A berhasil membobol gawang Kartini B . Tentunya hal yang membanggakan bagi Kartini A, tetapi setelah itu tidak ada lagi gol tercipta hingga waktu habis.

Hal ini telah membuktikan eksistensi dari Kartini sekarang yang juga dapat turun ke lapangan hijau. Dalam peringatan hari Kartini tanggal 21 April 2011, saya berharap kedepannya kaum wanita di Indonesia dapat lebih maju dalam segala hal. Tentunya kemajuan bukan sekedar mimpi belaka , bahkan R.A. Kartini pada zamannya telah membuktikan hal tersebut, ia membuat gebrakan dalam bidang Pendidikan dimana Pendidikan merupakan titik bangkit kaum wanita dari ketertindasan dan kebodohan.

Bila kita membahas mengenai Kartini tentunya dalam tulisan ini tidak cukup , tapi cukuplah kita untuk senantiasa mengenang jasa – jasa beliau dalam berbagai bidang hingga ia menutup mata walaupun masih di usia muda. Dapatkah anda membayangkan betapa besar peran beliau, sehingga perempuan Indonesia kini dapat mengenyam bangku pendidikan. Semoga Allah SWT menempatkan beliau di sisi-Nya.


oleh :
Achmad Zulfikar
Mahasiswa HI UMY 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s