Kronologi Kematian Osama Bin Laden

Innalillahi wa innailaihi rojiun , Perjalanan panjang Osama Bin Laden berakhir sudah. Kini jasadnya telah berbaring kaku dan tidak dapat berbuat apa – apa lagi. Pasalnya penyerangan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata dan Intelijen Amerika telah mengakhiri nyawa Osama di kediamannya di Pakistan Barat laut.

Kali ini saya akan memberitakan kronologi kematian Osama Bin Laden yang menjadi pembicaraan hangat di berbagai media. Inilah kronologi bagaimana pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, tewas di sebuah kompleks perumahan yang mirip benteng, di pinggiran Abbottabad, Pakistan barat laut.

Lokasi kompleks tersebut letaknya hanya 800 meter dari Akademi Militer Pakistan, sebuah pusat pelatihan elite militer Pakistan, yang digambarkan para wartawan sekelas dengan akademi militer Sandhurst di Inggris. Lokasi barak di Abbottabad itu diduga digunakan sebagai basis pasukan khusus AS sebelum menyerang kompleks perumahan Bin Laden. Menurut sumber militer kepada BBC berbahasa Urdu, operasi dimulai sekitar pukul 22.30 waktu setempat dan penyerangan berlangsung sekitar 45 menit.

Dua atau tiga helikopter terlihat terbang rendah di atas wilayah tersebut. Seorang saksi mata mengatakan, penduduk setempat terlihat panik menyaksikan keributan itu. Target operasi pasukan khusus itu adalah bangunan besar berlantai tiga yang berada di tengah kompleks tersebut. Ketika helikopter mendarat di luar, beberapa orang keluar dan berbicara dengan penduduk setempat dalam bahasa Pashto.

Warga yang tinggal di wilayah itu, yang dikenal bernama Tanda Choha, mengatakan, warga diminta mematikan lampu dan tidak keluar rumah. Beberapa saat kemudian, terdengar suara tembak-menembak dan suara senjata tempur berat. “Dalam kontak senjata tersebut, satu helikopter jatuh terkena tembakan,” demikian laporan itu.
Menurut penuturan penduduk setempat, bangkai helikopter terlihat masih berada di dalam kompleks bangunan tertutup itu, yang luasnya diperkirakan 3.000 meter persegi. Namun, warga sekitar tidak pernah tahu kegiatan apa saja yang berlangsung di dalam kompleks itu. “Bangunan tersebut tertutup rapat dan dikelilingi tembok tebal dan gerbang kokoh sekitar 14 meter. Karena itu, tidak banyak kegiatan yang bisa dilihat dari luar. Dindingnya juga dikelilingi kawat berduri, lengkap dengan kamera CCTV pemantau,” kata saksi mata kepada BBC.

Ada dua gerbang penjagaan di rumah itu, tidak ada saluran telepon atau internet yang masuk ke kompleks tersebut, demikian dilaporkan Associated Press (AP). Saksi mata mengatakan, setelah operasi militer berakhir, terlihat api membubung tinggi dari kompleks bangunan itu. Tak lama kemudian, pasukan khusus keluar dari kompleks tersebut. Terdengar mereka juga mengatakan bahwa terdapat perempuan dan anak-anak yang tinggal di dalam bangunan di kompleks itu.

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada BBC, rumah itu dibangun kira-kira 10-12 tahun lalu oleh warga etnis Pashtun. Warga etnis Pashtun ini hidup di perbatasan antara Afganistan dan Pakistan. “Tidak ada satu pun warga di sini yang peduli siapa saja yang tinggal di dalam kompleks tersebut,” katanya. Para pejabat intelijen Amerika Serikat, yang dikutip oleh AP, mengatakan, menurut informasi, rumah tersebut sengaja dibangun untuk peristirahatan seorang tokoh besar. Berdasarkan informasi ahli intelijen inilah, CIA menyatakan yang tinggal di rumah besar tersebut hampir pasti Osama bin Laden. Pasukan Pakistan tiba di tempat kejadian setelah serangan itu berakhir. Mereka kemudian mengambil alih kendali atas wilayah tersebut. (VivaNews)

Tulisan ini telah dimuat pada SpontaNews Edisi 3 Mei 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s