Sosialisasi Indonesia MUN di UMY

Indonesia Model of United Nations
“Speak up for the people and be the drive of change”

Indonesia Model of United Nations (MUN) adalah simulasi sidang PBB pertama di Indonesia yag diperuntukkan bagi para mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Acara ini untuk kedua kalinya akan diadakan pada tanggal 3 – 5 Oktober 2011 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Perwakilan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia mengadakan roadshow Indonesia MUN pada hari Selasa, 3 Mei 2011 pukul 14.30 WIB bertempat di Ruang Simulasi Sidang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam presentasinya presentator dari Indonesia MUN memaparkan berbagai macam kegiatan, pengorganisasian, hingga prosedur pendaftaran seleksi ditambah lagi mekanisme dalam Indonesia MUN tersebut.

Salah satu pemaparan yang menarik adalah pembagian council atau delegasi dalam Indonesia MUN, dimana council terdiri dari UNSC (United Nation Security Council), SOCHUM (Social, Cultural and Humanitarian council) , WTO (World Trade Organization) , ASEAN Regional Forum, dan UNESCO (United Nations Educational, Scienific, and Cultural Organization) yang jumlah delegasi yang akan ditempatkan pada masing – masing council berikisar hingga 430 delegasi. Hal ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk turut berpartisipasi didalamnya.

Setelah presentator mempresentasikan materinya, peserta diajak untuk melakukan simulasi dalam Indonesia MUN. Masing – masing peserta mewakili satu negara dengan satu director yang memimpin jalannya sidang. Simulasi diawali dengan absen oleh director kepada setiap delegasi , setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian motion terkait dengan topik yang dibahas oleh para delegasi. Setelah itu motion disetujui dan sidang berlanjut. Dan berakhir ketika director menganggap cukup motion tersebut dan memulai voting untuk motion yang diprioritaskan. Demkian sedikit gambaran dari roadshow Indonesia MUN di UMY.

Nilai tambah lainnya dari Indonesia MUN ini, disamping mendapat pengalaman berupa kegiatan diplomasi seperti debat tentang isu-isu global yang mutakhir, negosiasi, dan melobi, kita juga mendapat peluang untuk memperluas jaringan dan pertemnana. Ditambah lagi berbagai acara yang semakin mempererat hubungan perkawanan dalam acara ini seperti Committee Dinner, Cultural Night, dan Diplomatic Dinner.

Tentunya anda sudah sedikit paham dan mendapatkan gambaran mengenai kegiatan Indonesia MUN ini, lalu bagaimana bergabung dengan acara ini. Dari pemaparan presentator peserta akan diseleksi dari berkas yang dikirimkan berupa : Registration Form, CV, dan Essay. Dan nantinya dari berkas yang anda kumpulkan akan diseleksi dan diumumkan siapa saja delegasi terpilih. Selain itu Indonesia MUN ini terbuka untuk mahasiswa dari berbagai jurusan jadi bukan hanya Hubungan Internasional saja. Roadshow di Yogyakarta dilaksanakan juga di UGM dan UII selain UMY.

Cukup sekian penjelasan mengenai Indonesia MUN yang telah melakukan sosialisasi di kampus terpadu UMY untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi websitenya di www.indonesiamun.org . Atau kunjungi facebook IndonesiaMUN dan twitter-nya @indonesiamun , maupun contact person dari panitia 0856 954 422 21 (Ari TB) , atau 0819 87 1991 (Dipi). Bisa juga lewat e-mail di : imun2011@yahoo.com . (RagilRizkyRachman/AchmadZulfikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s