Welcome Dinner dan Technical Meeting : Lipsus PSNMHII XXIII


Rangkaian acara PSNMHII XXIII berlanjut (baca sebelumnya : Dari UMY ke UNISRI Surakarta) dengan acara malam yakni makan malam, pembukaan, dan technical meeting. Delegasi UMY menggunakan seragam batik perpaduan warna ungu dan pink untuk acara malam ini, kami memulai makan malam pada pukul 08.00 WIB dengan alunan musik dari vokalis UNISRI Surakarta.

Panitia pelaksana membuka acara ini dengan sambutan dari ketua HIMAHI UNISRI Surakarta, Wida Prihayanti. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi dari berbagai universitas se-Indonesia atas kedatangannya di tempat ini untuk mengikuti PSNMHII XXIII. Selanjutnya sambutan dibawakan oleh ketua penitia pelaksana PSNMHII XXIII , Muhammad Endry Saputra . Dalam sambutannya ia melaporkan bahwa delegasi untuk PSNMHII XXIII tahun ini berjumlah 94 delegasi dari 22 universitas. Dan semua delegasi peserta telah tiba di River Hill Tawangmangu untuk mengikuti berbagai rangkaian acara.

Setelah sambutan dari panitia UNISRI , MC memberitahukan bahwa dua delegasi dari tiap universitas diwajibkan mengikuti technical meeting di ruang Omega, sedangkan delegasi lainnya dapat kembali beristirahat atau melakukan kegiatan lainnya. Untuk perwakilan delegasi dari UMY untuk technical meeting oleh Achmad Zulfikar dan Mohammad Ichsan .


Technical meeting dimulai pukul 21.42 WIB , dan dibuka oleh panitia UNISRI. Dalam technical meeting ini dipaparkan agenda yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Agenda inti yang akan dilakukan antara lain, Diskusi Sehari “Optimalisasi Peran Potensi Daerah sebagai Pendukung Kinerja Diplomasi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2011”, Pemaparan Potensi Daerah dari masing – masing wilayah (provinsi), Workshop “Tata Pelaksanaan Perjanjian Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah”, dan Sidang Forum FKMHII.

UMY,UGM, dan UPN sebagai pemakalah membawakan makalah pemaparan potensi daerah dengan judul “Peran Multitrack Diplomacy Dalam Proses Resolusi Konflik Sengketa Pasir Besi Kulonprogo”. Dalam pemaparannya akan dibawakan oleh 3 – 4 orang perwakilan dari tiap provinsi. Untuk wilayah DIY akan dipaparkan oleh dua delegasi dari UMY dan dua delegasi dari UGM. Dari UMY akan diwakili oleh Achmad Zulfikar dan Ashabul Yamin sedangkan dari UGM akan diwakili oleh saudari I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta.

Dari hasil technical meeting juga diperoleh bahwa pembagian pemaparan potensi daerah akan dibawakan dua sesi yakni hari Selasa dan Rabu. Sesi pertama yakni hari selasa akan dibawakan oleh Riau, Sumatera Barat, Bali, dan Kalimantan Timur sedangkan sesi kedua hari Rabu akan dibawakan oleh Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY. Sehingga DIY akan memaparkan makalah potensi daerahnya pada hari Rabu (11/05/2011), namun karena keterbatasan waktu maka tiap provinsi yang memaparkan potensi daerahnya akan diberikan waktu 10 – 15 menit disertai sesi tanya jawab. Technical meeting diakhiri pada 22.13 WIB. (fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s