Kegiatan Hari Kedua PSNMHII XXIII UNISRI Surakarta

Selasa, 10 Mei 2011
Tepat pukul 07.43 WIB delegasi UMY di PSNMHII XXIII sudah rapi dengan pakaian kemeja dan jas almamater. Agenda kegiatan hari ini terdiri dari Diskusi Sehari “Optimalisasi Peran Potensi Daerah sebagai Pendukung Kinerja Diplomasi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2011”, Pemaparan Potensi Daerah sesi pertama, dan Sidang Forum sesi pertama.

Pukul 08.00 WIB para delegasi sudah dipersilahkan menuju ruang makan untuk sarapan pagi, kemudian pada pukul 09.00 WIB para peserta memasuki ruang Omega untuk mengikuti kegiatan diskusi sehari. Tepat pukul 09.45 WIB para pembicara, dan undangan telah memasuki ruangan Omega. MC membuka kegiatan diskusi ini kemudian dilanjutkan sambutan Rektor UNISRI Prof. Dr. Kapti Rahayu sekalgius membuka diskusi sehari ini.

Dalam sambutannya Beliau menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan acara PSNMHII XXIII dan juga telah bekerja sama untuk mengadakan diskusi sehari bekerjasama dengan Asisten Deputi Bidang Hubungan Internasional, Kedeputian Politik Sekretariat Wakil Presiden.

Diskusi ini berakhir pada pukul 12.30 WIB dan dilanjutkan sesi foto bersama oleh peserta dan pembicara. Setelah diskusi tersebut, para peserta diarahkan menuju ruang makan untuk makan siang dan bersiap untuk Pemaparan Potensi Daerah sesi I. (selengkapnya : Diskusi Sehari “Optimalisasi Peran Potensi Daerah sebagai Pendukung Kinerja Diplomasi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2011”)

Setelah makan siang, para peserta kembali mengikuti kegiatan berikutnya yakni Pemaparan Potensi Daerah sesi pertama, delegasi untuk sesi pertama antara lain: Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Bali. Sedangkan Riau dan Kalimantan Timur yang sedianya presentasi pada sesi pertama dialihkan ke presentasi sesi kedua pada hari Rabu (11/05/2011). ( baca juga : Pemaparan Potensi Daerah dalam PSNMHII XXIII )

Presentasi pertama dibawakan oleh delegasi dari Universitas Andalas mewakili Provinsi Sumatera Barat. Dilanjutkan dengan delegasi dari provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh tiga orang pemakalah dari tiga universitas, Universitas Jenderal A. Yani, Universitas Padjajaran, dan Universitas Katolik Parahyangan. Dan terakhir dibawakan oleh Universitas Udayana mewakili provinsi Bali.

Setelah pemaparan potensi daerah para delegasi kembali lagi ke kamar masing-masing untuk beristirahat dan menunggu untuk Sidang Forum. Pukul 19.00 WIB pendamping (liaison officer) dari delegasi UMY mengarahkan delegasi untuk menuju ruang makan. Setelah makan malam para delegasi melakukan sidang forum sesi I.

Pukul 21.00 WIB sidang forum sesi I dimulai, dan agenda pertama adalah pembahasan tata tertib, setelah itu sidang mengangkat Presnas untuk wilayah II (DKI Jakarta, Banten dan Depok) yakni Lusia dari Novita Sari UPH.

Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan melakukan amandemen PDF (pedoman dasar forum), perubahan yang disepakati sidang yakni wilayah VI menjadi Jawa Timur dan Bali. Setelah amandemen oleh sidang, tiap presidium melaporkan kondisi terkini wilayah-nya dan progress GBH-FKMHII.

Agenda berikutnya yakni laporan dari UNISRI selaku pelaksana PSNMHII XXIII, dan ditutup dengan laporan dan presentasi persiapan terakhir UNPAR untuk menyelenggarakan PNMHII XXIII yang akan diselenggarakan 19 – 23 November 2011. Dalam presentasinya presentator dari UNPAR meminta kepada delegasi forum untuk turut mensosialisasikan website PNMHII XXIII UNPAR dengan mengakses http://pnmhiiunpar.co.cc .Delegasi mengakhiri sidang forum pada pukul 23.15 WIB.

Untuk sidang forum sesi II pada tanggal 11 Mei 2011 akan membahas LPJ pelaksana PNMHII XXII dari UNAS (Universitas Nasional) dan dilanjutkan pemilihan tuan rumah PSNMHII XXIV. (fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s