Kegiatan Hari Ketiga PSNMHII XXIII UNISRI Surakarta

Rabu, 11 Mei 2011

Hari ini para delegasi harus bergegas lebih cepat, karena kami harus mengikuti Workshop Tata Pelaksanaan Perjanjian Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah dengan pembicara Diar Nurbintoro. Pukul 07.00 WIB kami sudah menuju ke ruang makan untuk sarapan pagi, lengkap dengan stelan jas hitam berpadu celana kain dan dasi. Setelah makan pagi, kami menuju ke ruang Omega guna mengikuti Workshop.

Pukul 08.15 WIB kami sudah berada diruangan dan tak lama kemudian pak Diar Nurbintoro dari Kemenlu RI sudah memasuki ruangan. Bapak Diar Nurbintoro merupakan Direktur Hukum Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu RI.
MC mulai membuka acara, dilanjutkan dengan sambutan singkat dari Dekan FISIPOL UNISRI.

Setelah itu MC segera mempersilahkan bapak Diar Nurbintoro ke meja pembicara. Dalam workshop yang berdurasi kurang lebih dua setengah jam ini, beliau membagi pembahasannya dalam dua sesi dalam sesi pertama beliau membahas Tata Cara Hubungan Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah dan Polugri Indonesia, kemudian sesi kedua membahas Prosedur Pembuatan Perjanjian Internasional. (selengkapnya : Workshop Tata Laksana Perjanjian Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah)

Setelah workshop tersebut, acara dilanjutkan kembali dengan Sidang Forum dan Pemaparan Potensi Daerah sesi kedua. Kedua acara ini akan dilakukan secara bersamaan, acara Sidang Forum dilangsungkan di Ruang Omega sedangkan Pemaparan Potensi Daerah sesi kedua di Hall Ruang Delta. Namun sebelum itu para delegasi melakukan ISHOMA terlebih dahulu kurang lebih satu jam.

Dalam acara pemaparan potensi daerah, delegasi dari UMY menjadi pemakalah untuk presentasi mewakili DIY diantaranya Achmad Zulfikar dan Ashabul Yamin sedangkan pemakalah satu lagi dari UGM yakni I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta. Dalam pemaparan potensi daerah sesi kedua ini, Jawa Timur mendapat kesempatan pertama untuk memaparkan potensi daerahnya dilanjutkan oleh Provinsi Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan terakhir Daerah Istimewa Yogyakarta. (baca juga : Pemaparan Potensi Daerah dalam PSNMHII XXIII )

Di tempat berbeda empat orang delegasi, Fariz Abi Karami, Mohammad Ichsan, Bromo Yudo W., dan Aditya Maulana Hasymi mengikuti sidang forum sesi kedua yang diantaranya membahas mengenai LPJ pelaksana PNMHII XXII dari UNAS (Universitas Nasional) dan dilanjutkan pemilihan tuan rumah PSNMHII XXIV. Dalam keputusan akhirnya, Universitas Paramadina terpilih menjadi tuan rumah PSNMHII XXIV.

Agenda lainnya adalah Bakti Sosial yang dilaksanakan bersamaan dengan kedua kegiatan diatas, namun hanya perwakilan Korwil (Koordinator Wilayah) yang mengantarkan sumbangan para delegasi ke Panti Asuhan.

Pukul 16.34 WIB para delegasi kembali ke kamar, dan beristirahat setelah melakukan serangkaian kegiatan mulai dari Workshop, Pemaparan Potensi, dan Sidang Forum. Kegiatan hari ini berakhir cukup cepat karena sedianya menurut rundown acara, kegiatan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Para delegasi beristirahat kurang lebih tiga jam sebelum masuk dalam rangkaian acara Garden Party, dimana para delegasi sudah siap dengan gaya casual dan bercengkrama di pinggir kolam renang di River Hill Tawangmangu.

Setelah acara ini para delegasi kembali ke kamar dan packing barang – barang dan bersiap kembali ke kota masing – masing. Rencananya para delegasi akan check-out pada pukul 08.00 WIB esok pagi. (fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s