Fatah dan Hamas bentuk Pemerintahan untuk Palestina


KOTA GAZA, IRs News — Seorang pejabat senior di partai Presiden Palestina Mahmud Abbas, Fatah, Jumat (27/5/2011), mengatakan, pemerintah persatuan nasional akan dibentuk dalam waktu 10 hari. Seorang anggota Komite Sentral Fatah, Nabil Shaath, mengatakan pada suatu taklimat di Jalur Gaza setelah pertemuan dengan para pemimpin Hamas bahwa pemerintah teknokrat Palestina akan dibentuk dalam waktu 10 hari.

“Pertemuan itu positif dan kami menekankan penerapan kesepakatan perujukan yang ditandatangani di Kairo, Mesir, pada 4 Mei, dan sebagai hasil dari kesepakatan tersebut, pemerintah itu akan dibentuk,” kata Shaath kepada wartawan.

Fatah dan Hamas (Haraqath Al-Muqawwamah Al-Islamiyah) sepakat membentuk pemerintah sementara, menata kembali pasukan keamanan dan memperbarui Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), demikian antara lain isi kesepakatan perujukan tersebut. “Dua pekan setelah pembentukan pemerintah, parlemen Palestina akan bersidang dan beberapa komite akan dibentuk guna melaksanakan kesepakatan itu,” kata Shaath, yang tiba di Jalur Gaza pada Kamis (26/5/2011). Namun, ia tidak bersedia mengungkapkan para calon di dalam pemerintah baru mendatang.

Sementara itu, Shaath mengatakan, ia akan menyelenggarakan pembicaraan dengan perdana pemerintah Hamas yang dibekukan, Ismail Haniya. Ia menambahkan, “Saya akan bertemu dengan Haniya, Minggu.”

Shaath juga mengatakan, ia memutuskan untuk tetap berada di Jalur Gaza. “Saya datang untuk memperbaiki dan mengecat rumah saya dan saya akan membawa keluarga saya ke Jalur Gaza pekan depan,” katanya.

Sabtu, 28 Mei 2011 | 08:05 WIB
sumber : http://internasional.kompas.com/read/2011/05/28/08053578/Fatah.dan.Hamas.Bentuk.Pemerintahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s