Komentar Mahasiswa tentang Tsunami Jepang

Berbicara tentang Tsunami Jepang yang terjadi beberapa bulan yang lalu tentunya menyisakan duka bagi rakyat Jepang. Berbagai ungkapan turut berbelasungkawa mengalir dari seluruh penjuru Dunia. Begitu juga komentar-komentar yang disampaikan oleh mahasiswa HI UMY berikut ini.

“Tsunami di Jepang merupakan suatu bencana yang sangat besar, tsunami yg terjadi di Jepang beberapa waktu yang lalu sangat berdampak pada berbagai sektor kehidupan di negeri sakura tersebut, tak hanya di faktor sosial masyarakat yang merasakan trauma,tetapi juga di sektor pemerintahan,politik dan tentu saja di sektor ekonomi”

(Desi Arisanti – Mahasiswa HI UMY 2009)

“Dampak yang ditimbulkan tsunami di Jepang kemarin membuat negara itu seperti negara mati,dengan kata lain mungkin susah untuk diselamatkan,dalam infrastruktur mungkin bisa untuk diperbaiki, tapi bagaimana dengan kesehatan?keturunan? trauma dan segala macam, saya rasa efeknya akan terasa sampai beberapa tahun ke depan.”

(Cholillah Suci Pratiwi – Mahasiswa HI UMY 2010)

“Tsunami di Jepang yang terjadi pada 11 maret 2011 lalu menimbulkan kesedihan dan penurunan kekuatan mental bagi masyarakat jepang,apa lagi ada diantara keluarga yang masih selamat kehilangan saudaranya. Dengan adanya hal ini semoga jepang dapat kembali bangkit dari keterpurukan sebagaimana ia membangun negaranya pasca ledakan Hirosima dan Nagasaki dahulunya. Semoga kita dapat mengambil berbagai hikmah dari bencana yang di alami oleh Jepang dan berusaha untu tidak lalai dalam bertindak.”

(Arya Arjuna Idaman-Mahasiswa HI UMY 2010)

“ Kejadian itu semakin memperburuk keadaan Jepang yang mengingatkan kita tentang kejadian Chernobyl. Mungkin akan terjadi hal yang sama di Jepang namun dalam skala menengah. Dari segi ekonomi kawasan Asia Jepang semakin tergeser dengan Cina untuk waktu yang singkat karena banyak negara yang melarang produksi makanan Jepang masuk ke negaranya karena takut tercemar bahan radioaktif nuklir. Sementara untuk Jepang sendiri, bencana ini memaksa mereka untuk mengeluarkan biaya banyak dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana ini untuk negara kecil secara geografis seperti Jepang.

(Triadi Wicaksono-Mahasiswa HI UMY 2009)

Komentar ini telah dimuat pada IRN Mading Edisi 8, April 2011 halaman 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s