Panduan Pembayaran dan Key – In Semester 3

Tulisan ini kembali direvisi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar mendapat informasi yang up-to-date untuk pembayaran dan key-in semester III tahun ajaran 2011/2012.

Mungkin masih banyak mahasiswa yang bingung untuk melakukan pembayaran dan registrasi key – ini, kami hadir untuk memberikan informasi seputar proses pembayaran , dan key – in . Dibawah ini akan kami paparkan langkah – langkah yang harus kawan – kawan lakukan untuk terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester III .

Pertama , melakukan pembayaran di Teller Bank di Gedung AR-Fachruddin B Lt. 1 , disana terdapat dua bank , yakni bank Bukopin dan bank Syariah Mandiri , silahkan pilih salah satu . Apa yang harus dilakukan ?

via Teller

1. Mengisi blanko pembayaran yang dapat diambil didepan loket pembayaran .
2. Isian blanko pembayaran antara lain , DPP/Shadaqoh sejumlah Rp.975.000 , kemudian Deposit (SPP Variabel ) sejumlah Rp.1.800.000 , dan biaya pokok (Registrasi , SPP Tetap , dan UKK) sejumlah Rp.1.375.000.
3. Setelah mengisi blanko , silahkan anda setorkan ke teller untuk menunggu dipanggil namanya atau silahkan ambil nomer antrian .
4. INGAT ! Penyerahan uang dilakukan di Teller Bank , setelah menyerahkan uang ke Teller Bank anda akan menerima dua kuitansi , kuitansi pertama untuk Registrasi , SPP Tetap , UKK , Bandwith Internet , dan Deposit sedangkan kuitansi kedua untuk DPP / Shadaqoh . ( simpan baik – baik bukti setoran ini , sebagai bukti anda telah membayar)

via Transfer

1. Bila anda ingin melakukan pembayaran via transfer untuk pembayaran uang kuliah , ada dua alternatif transfer . Melalui bank Bukopin atau melalui bank Syariah Mandiri .

a. Transfer Bank Bukopin
– Pembayaran Shodaqoh (Rp.975.000) ke rekening a/n Badan Pelaksana Harian UMY No. rek : 1001451.045
– Pembayaran biaya pokok dan deposit (Rp.3.175.000) ke rekening a/n Universitas Muhammadiyah Yogyakarta No.rek : 1001450.049

b. Transfer Bank Syariah Mandiri
– Pembayaran Shodaqoh (Rp.975.000) ke rekening a/n Badan Pelaksana Harian UMY No. rek : 030.007.777.7
– Pembayaran biaya pokok dan deposit (Rp.3.175.000) ke rekening a/n Universitas Muhammadiyah Yogyakarta No.rek : 030.004.755.1

INGAT ! Pembayaran Shodaqoh dan biaya pokok dan deposit DITRANSFER di NOMOR REKENING yang BERBEDA baca petunjuk diatas .

2. Bukti transfer (struk) yang didapatkan setelah melakukan transfer diserahkan langsung ke teller Bank , bila anda transfer melalui bank Bukopin , ke Teller Bukopin . Bila melalui Bank Syariah Mandiri ke Teller Bank Syariah Mandiri .

2a. Bila transfer dilakukan melalui rekening lain , bukti transfer dapat di fax ke nomer (0274) 387 646 (cantumkan NAMA dan NOMER MAHASISWA dengan jelas pada kiriman fax ) , setelah bukti di fax silahkan diambil di Ruang Operator di Gd. AR-Fachrudin Lt. 1 (sebelah kiri pintu masuk Gd. Ar-Fachrudin A) . Bukti fax diambil dengan menunjukkan KTM anda .

3. Bukti transfer yang ditunjukkan di Teller akan ditukar dengan kuitansi pembayaran .

Kedua , melakukan Key – in dan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) di Tata Usaha HI . Hal yang patut dipersiapkan adalah USERNAME dan PASSWORD . Username adalah NIM anda , dan Password adalah kode rahasia yang tertera pada lembar Nomor Identitas Personal pada saat awal anda masuk UMY .

1. Jadwal Mata Kuliah dapat diminta di bagian Tata Usaha HI pada jam pelayanan , jadwal mata kuliah merupakan referensi anda untuk mengisi KRS Online di komputer. Pada jadwal kuliah ini akan tercantum mata kuliah , kelas yang disediakan , kemudian pilihan waktu dan dosen .
2. Pengisian Key-In dilakukan lewat Komputer yang tersedia di kantor Tata Usaha HI (kantor TU HI berada di samping basecamp IMM Komisariat FISIPOL di Gedung E.3 ) . Langkah – langkah yang anda lakukan :
a. Masukkan Username dan Password Anda .
b. Kemudian pilih menu “KRS Online”
c. Masukkan Password (lagi)
d. Pilih mata kuliah yang anda akan ambil ( sebaiknya anda membaca dulu jadwal kuliah yang diberikan sebelum mengisi KRS Online untuk mencocokkan jadwal ).
e. Setelah memilih mata Kuliah , maka dengan ini anda telah mendaftar pada mata kuliah tersebut . Kemudian pilihan mata kuliah anda akan di-print .

Seputar KRS

T : Bagaimana jika saya tidak tahu mengatur jadwal kuliah ?
J : Sebaiknya anda memilih saja kelas yang sama , misal kelas A saja semua yang anda pilih . Insya Allah tidak akan mengalami bentrok jam kuliah.
T : Bisakah saya mengambil kelas A untuk mata kuliah X sedangkan mengambil kelas C untuk mata kuliah Y ?
J : Hal itu bisa saja dilakukan , dengan catatan waktu yang diinginkan tersedia dan tidak mengalami crash diantara kedua mata kuliah .
T : Saya mau sekelas lagi dengan teman – teman saya , bisa tidak ya ?
J : Bisa saja , kenapa tidak ? Anda tinggal memilih kelas yang sama misal : anda ingin sekelas di kelas C , maka teman – teman anda juga harus memilih seluruh jadwal kuliah dengan kelas C . Maka anda akan satu kelas lagi , saya sarankan semakin variatif kelas anda semakin banyak teman anda .

Catatan Penting !

Batas akhir pembayaran sampai tanggal 20 Agustus 2011.

Tulisan ini telah direvisi agar menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa semester III, edisi sebelumnya telah dimuat di SpontaNews yang diterbitkan 08 Januari 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s