Peran ASEAN membangun Komunitas

IRsNews – TIDAK diragukan lagi, bahwa bagi bangsa-bangsa ASEAN, Bali memiliki makna khusus. Bali Concord pada 1976 dan Bali Concord II pada 2003, merupakan seminal agreements di antara negara anggota ASEAN yang telah mendorong kerjasama ASEAN ke tingkat yang lebih tinggi. Adalah sebuah kenyataan, bahwa dengan kerja keras dan usaha bersama, tidaklah mustahil dalam KTT ASEAN berikutnya, yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2011, juga akan menghantarkan kerjasama ASEAN ke tingkat yang lebih tinggi sebagaimana tema ASEAN tahun ini, yaitu “ASEAN Community in a global community of nations”.

Dalam beberapa hari mendatang, kita memiliki kesempatan bersejarah untuk memanifestasikan peran sentral ASEAN dalam arsitektur kawasan. Sebab, di samping ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang secara resmi dibuka hari ini, kita juga memiliki serangkaian pertemuan dengan para Mitra Dialog, yaitu ASEAN Regional Forum (ARF) dan East Asia Summit Foreign Ministers’ Consultation.

Dalam kesempatan ini, para Menteri Luar Negeri ASEAN akan bekerja sesuai dengan instruksi dan arahan yang jelas sebagaimana hasil KTT ASEAN ke-18 yang diselenggarakan di Jakarta pada bulan Mei lalu. Tugas utama para Menteri adalah memastikan bahwa kita membuat kemajuan yang nyata pada KTT ke-18 dan mengantisipasi hasil KTT ke-19 yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2011.

Prioritas yang telah ditetapkan cukup jelas. Pertama, untuk memastikan bahwa kita membuat kemajuan yang signifikan dalam pembangunan Komunitas ASEAN pada tahun 2011. Kedua, bahwa kita mengerahkan semua kapasitas ASEAN untuk memastikan bahwa kawasan yang lebih luas terus ditandai dengan perdamaian dan stabilitas; suatu kondisi yang memungkinkan kawasan Asia-Pasifik untuk membuat kemajuan dalam mengejar pembangunan ekonomi dan kemakmuran. Dan ketiga, meluncurkan visi ASEAN 2015, yaitu “ASEAN in a global community of nations”. ASEAN yang secara aktif terlibat dalam mengatasi tantangan global dan sebagai kontributor bagi pencapaian kemakmuran dan stabilitas global.

Tentu saja, prioritas tersebut tidak diraih tanpa hambatan. Negara-negara di kawasan Asia-Pasifik, sebagaimana negara-negara lain dalam komunitas internasional, juga menghadapi beberapa tantangan mencolok. Masalah keamanan tradisional, termasuk sengketa teritorial yang belum terselesaikan, adalah hal yang perlu ditangani. Saling percaya dan kepercayaan perlu terus dipelihara dan ditingkatkan.

Kawasan kita juga tidak kebal dari ancaman keamanan non-tradisional. Perubahan iklim, keamanan pangan, dan keamanan energi, serta ancaman lainnya. Tantangan-tantangan tersebut sangat kompleks, bersifat multidimensi, saling terkait dan simultan. Semua itu menuntut kerjasama dan kemitraan internasional. Namun, kita akan lengah jika hanya berkutat pada tantangan.

Kawasan kita juga merupakan kawasan yang penuh potensi untuk kemajuan ekonomi dan sosial. Saya percaya kita bisa, karena kawasan kita memiliki potensi untuk memperkenalkan perspektif baru dalam hal bagaimana negara-negara dapat berinteraksi dan mengelola hubungan dengan cara win-win solution, hubungan yang saling menguntungkan, dimana keamanan, kemakmuran dan stabilitas bisa dinikmati oleh semua negara, besar dan kecil. Kami menyebutnya dynamic equilibrium untuk kawasan kita.

Kepemimpinan yang ditunjukkan oleh semua Kepala Negara ASEAN telah, dan terus memiliki peran dalam memastikan peran ASEAN dalam membangun komunitas kawasan, mempromosikan perdamaian dan stabilitas bagi kawasan yang lebih luas, dan sebagai kontributor global dalam hal kemakmuran dan stabilitas keamanan. Semua bermuara pada ASEAN sebagai people centered, ASEAN yang menempatkan keutamaan dalam promosi hak asasi manusia dan demokrasi. Kita semua harus meyakini bahwa rangkaian ASEAN Summit dan ASEAN Ministerial Meeting ini akan menjadi batu pijakan untuk memastikan tindak lanjut hasil Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-18 secara kongkrit.

oleh : Dr. R. M. Marty M. Natalegawa (Menteri Luar Negeri RI)
sumber : http://www.tabloiddiplomasi.org/component/content/article/140-4-article/1170-memastikan-peran-asean-dalam-membangun-komunitas.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s